7 Manfaat Buah Apel Hijau Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh setiap pasangan yang sudah menikah. Memiliki keturunan merupakan anugerah terindah dalam sebuah pernikahan. Memasuki masa kehamilan, disarankan untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Sayuran dan buah-buahan dianjurkan bagi ibu hamil karena memiliki kandungan vitamin dan mineral cukup tinggi. Salah satu yang akan di bahas pada kesempatan kali ini yaitu manfaat buah apel untuk ibu hamil.

Buah apel memiliki banyak variasi, contohnya yaitu apel merah dan apel hijau. Buah apel hijau tergolong salah satu jenis buah yang bisa tumbuh subur di negri ini. Manfaat apel untuk ibu hamil sangata banyak, terutama apel hijau. Kandungan nutrisi apel hijau lebih lengkap jika dibandingkan dengan jenis apel yang lainnya.

Adapun Manfaat Apel Hijau Untuk Ibu Hamil Yaitu Sebagai Berikut:

  1. Meningkatkan nafsu makan

Salah satu manfaat apel hijau untuk ibu hamil yaitu untuk meningkatkan nafsu makan ibu hamil. Pada usia kehamilan trimester pertama biasanya ibu hamil akan mengalami gejala morning sickness sehingga berpengaruh terhadap nafsu makan. Hal ini tentunya sangat beresiko terhadap kesehatan dan perkembagan janin. Nah, dengan mengkonsumsi buah apel maka akan membantu meredakan keluhan tersebut sehingga menstimulasi untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Mengatasi masalah pencernaan

Gangguan pencernaan merupakan hal yang paling umum dirasakan oleh ibu hamil. Salah satunya yaitu sembelit. Buah apel sangat ampuh untuk mengatasi hal tersebut karena mengandung serat cukup tinggi.

  1. Mencegah kerusakan DNA

Kandungan antioksidan pada apel hijau terbukti sangat berguna untuk mencegah radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan DNA janin. Selain itu, antioksidan tersebut ampuh untuk mencegah sel-sel kanker berkembang.

  1. Untuk menjaga kesehatan kulit

Banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil seperti kulit kering, stretch mark ataupun jerawat. Kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan pada buah apel berguna untuk mengatasi keluhan tersebut selama hamil.

  1. Mencegah pre-eklamsia

Pre-eklamsia atau tekanana darah tinggi tentunya sangat berbahaya bagi kehamilan dan beresiko menyebabkan keguguran. Kondisi seperti ini kharus segera ditangani sebelum berdampak lebih buruk terhadap kesehatan janin. Dengan mengkonsumsi buah apel maka sangat berguna untuk mencegah kemungkinan buruk tersebut. Kandungan vitamin C pada buah apel berfungsi untuk menstabilkan tekanan darah.

  1. Mencegah diabetes gestational

Apel hijau sangat berguna untuk mencegah dan mengatasi terjadinya penyakit diabetes gestational pada ibu hamil. Apel hijau memiliki kemampuan untuk menstabilkan gula darah sehingga hal ini menekan resiko penyakit berbahaya selama kehamilan.

  1. Meredakan rasa nyeri

Seiring dengan perkembangan janin maka ibu hamil harus menopang beban yang lebih berat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, konsumsilah buah apel secara rutin dan teratur.

Nah, demikian manfaat apel bagi ibu hamil. Konsumsilah buah-buahan dan sayuran secara teratur selama hamil untuk melengkapi kebutuhan vitamin serta mineral. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This