7 Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

“Ibu hamil dilarang makan anggur” adalah sebuah ungkapan yang sering kita dengan di kalangan masyarakat. Anggur dipercaya bisa membahayakan kehamilan karena mengandung senyawa reveratrol dalam jumlah tinggi. Senyawa tersebut bisa bersifat racun bagi kehamilan. Namun disamping itu anggur bisa menjadi salah satu buah untuk ibu hamil karena memiliki manfaat luar biasa jika dikonsumsi dalam batas wajar.

Anggur merupakan buah yang menyegarkan karena memiliki kandungan glukosa alami. Anggur juga mengandung alkohol cukup tinggi sehingga ibu hamil harus membatasi konsumsi buah yang satu ini. Manfaat buah anggur untuk ibu hamil diantaranya yaitu membantu pembentukan saraf dan otak janin. Adapun manfaat buah anggur untuk ibu hamil yang lainnya yaitu sebagi berikut:

  1. Mencegah penyakit anemia

Manfaat anggur untuk ibu hamil yang pertama yaitu untuk mencegah penyakit anemia. Buah anggur sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester kedua. Hal ini karena pada usia tersebut darah ibu hamil mulai terbagi dengan janin sehingga ibu hamil sangat rentan mengalami anemia. Anggur memiliki kandungan zat besi yang efektif untuk membantu pembentukan hemoglobin.

  1. Menunjang perkembangan otak janin

Manfaat buah anggur yang selanjutnya yaitu untuk membantu perkembangan janin di dalm kandungan. Anggur memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berperan penting sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan sistem saraf. Kandungan Asam folat di dalam buah anggur sangat berguna untuk mencegah cacat janin.

  1. Pembentukan tulang dan gigi

Kandungan kalsium dan folat pada buah anggur berperan penting dalam proses pembentukan tulang dan gigi pada bayi. Disamping itu, mengkonsumsi anggur secara teratur sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil.

  1. Pembentukan saraf pusat

Buah anggur mengandung omega-3 yaitu DHA yang berguna untuk membantu mengoptimalkan pembentukan saraf pusat janin.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Magnesium pada buah anggur terbukti sangat efektif untuk memperlancar sistem pencernaan. Biasanya ibu hamil mengalami masalah pencernaan seperti sembelit. Nah, mengkonsumsi buah anggur adalah salah satu solusi alami yang sangat tepat untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Pada umumnya semua jenis buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berperan penting sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem imun. Begitupun dengan buah anggur, jika dikonsumsi secara teratur maka sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun ibu hamil adan janin di dalam kandungan.

  1. Membantu pembentukan sumsum tulang belakang

Susmsum tulang belakang merupakan salah satu organ penting bagi janin. Jika sumsum tulang belakang mengalami gangguan maka akan berdampak terhadap perkembangan janin. Kandungan asam folat pada buah anggur sangat efektif untuk membantu pembentukan sumsum tulang belakang pada janin.

Related Posts

Share This