7 Manfaat Brokoli Si Super Food Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat brokoli. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang termasuk pada golongan kubis-kubisan. Brokoli ini juga merupakan tanaman yang berasal dari timur tengah, dan sudah lama di budidayakan oleh masyarakat Indonesia. Penting untuk Anda ketahui, bahwa manfaat brokoli yang kerap kali di sebut dengan si super food ini sangatlah banyak, karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada brokoli ini membuat jenis sayuran ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Dan salah satu manfata brokoli untuk kesehatan tubuh yaitu mencegah munculnya sel kanker dalam tubuh.
Bukan hanya memiliki kandungan vitamin C, brokoli juga memiliki kandungan provitamin A atau atau karotenoid dan asam folat serta vitamin E. Berikut ini beberapa manfaat brokoli untuk kesehatan tubuh, yaitu sebagai berikut:

1. Mencegah kanker

Brokoli memiliki kandungan glucoraphanin yang mana akan di proses oleh tubuh menjadi senyawa anti-kanker, glucoraphanin. Dan senyawa inilah yang berfungsi untuk mengusir sejumlah bakteri yang bersarang di dalam tubuh. Bukan hanya itu, ternyata brokoli juga memiliki kandungan indole-3-carbinol, yaitu merupakan senyawa antioksidan serta anti-karsinogen yang mana mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker payudara, kanker leher rahim juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi dari hati.

2. Menjaga kesehatan jantung

Brokoli juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Karena brokoli memiliki kandungan karotenoid lutein yang mana bermanfaat untuk memperlambat atau bahkan mencegah penebalan arteri yang ada di dalma tubuh, sehingga mampu memerangi penyakit jantung juga stroke.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Anda. Brokoli ini merupakan salah satu sumber vitamin A yang memang dibutuhkan untuk membentuk retina. Bahkan, brokoli juga memiliki kandungan karotenoid lutein yang mampu mencegah terjadinya degenerasi macular yang berkaitan dengan usia juga katarak.

4. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam secangkir jus brokoli, memiliki kandungan beta-karoten yang cukup tinggi, dimana kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

5. Menjaga sistem saraf

Brokoli juga memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi, yang mana mampu membantu tubuh untuk menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, serta mampu mendorong perkembangan otot.

6. Menjaga kesehatan tulang

Brokoli juga memiliki kandungan kalsium juga vitamin K yang memiliki peranan dalam menjaga kesehatan tulang Anda. Kedua kandungan tersebut sangat penting untuk kesehatan tulang, karena mampu mencegah terjadinya osteoporosis.

7. Melawan radikal bebas

Brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dan antioksidan sendiri dibutuhkan guna melawan radikal bebas. Bukan hanya itu, vitamin C ini juga merupakan antihistamin yang sangat efektif untuk meringankan flu yang menyerang Anda ataupun si kecil.

Related Posts

Share This