7 Langkah Mudah Sebagai Upaya Memperbanyak ASI

Cara memperbanyak ASI. Ketika bayi terlahir, maka peranan Anda sebagai seorang ibu sangat dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memberikan asupan makanan melalui ASI.

ASI tergolong sebagai sumber makanan dan nutrisi kterbaik untuk bayi. Proses menyusui harus dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan. Batas maksimal pemberian ASI secara umum hingga mbayi berusia 2 tahun.  ASI termasuk sumber makanan bayi dengan komposisi zat gizi atau nutrisi yang tidak bisa digantikan oleh jenis makanan yang lain.

Manfaat ASI untuk bayi sangat banyak, salah satunya yaitu untuk meningkatkan sistem imun sehingga terhindar dari penyakit berbahaya yang beresiko mengancam kesehatan si kecil. Selain itu, ASI bermanfaat dalam menunjang perkembangan fisik dan psikis bayi.

Disamping itu pemberian ASI secara ekslusif memiliki manfaat yang luar biasa dalam menjaga berat badan ideal. Obesitas merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit pada anak jika tidak ditangani dengan baik sejak awal.

Pasca melahirkan terkadang beberapa wanita mengalami kendala terkait proses menyusui. ASI sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali menjadi permasalahan serius karena bisa menghambat asupan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang janin. Dalam hal ini diperlukan upaya memperbanyak ASI dengan teknik yang tepat.

Adapun cara untuk memperbanyak produksi ASI yaitu sebagai berikut:

  1. Salah satu cara untuk memperbanyak produksi ASI yaitu dengan menyusui bayi sesering mungkin. Cara ini sangat efektif untuk memicu produksi ASI supaya lebih banyak dan lancar. Semakin sering dilakukan proses menyusui maka akan membuat kuantitas ASI meningkat.
  2. Jangan membatasi bayi untuk menyusu. Lakukan penyusuan sampai bayi benar-benar kenyang. Dengan begitu maka proses pengosongan payudara akan terjadi secara alamiah sehingga produksi ASI akan senantiasa berjalan lancar.
  3. Lakukan penyusuan secara bergantian pada payudara kanan dan kiri. Hindari kebiasaan menyusui bayi hanya pada salah satu payudara saja. Hal ini bisa menghambat prosuksi ASI.
  4. Cobalah teknik pemijatan halus pada payudara untuk merangsang keluarnya ASI secara normal dan lancar.
  5. Jika ASI dirasa sangat minim maka Anda bisa memompa ASI menggunakan alat khusus. Namun dalam hal ini Anda harus berhati-hati dan memilih jenis pompa yang aman untuk digunakan.
  6. Hindari stres dan bersikap tenang. Perlu Anda ketahui bahwa stres menjadi salah satu faktor yang bisa menghambat kualitas dan kuantitas ASI.
  7. Penuhi kebutuhan cairan dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas atau 2 liter setiap harinya selama menyusui. Cara seperti ini lebih aman dan lebih sehat untuk Anda lakukan pada waktu menjalani proses menyusui.

Nah, mudah bukan untuk meningkatkan kuantitas ASI? Selain dengan beberapa cara diatas, cara lain menjaga kuantitas dan kualitas ASI yaitu dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This