7 Jenis Makanan Untuk Penderita Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian pernapasan. Hal ini terjadi ketika saluran udara mengalami penyempitan yang akan mengakibatkan penderitanya sulit untuk bernafas. Bahkan seringkali menyebabkan penderita asma tersengal-sengal ketika bernafas. Pada kondisi yang lebih parah disertai dengan rasa nyeri. Penyakit ini tidak bisa dianggap sepele karena cukup beresiko. Untuk mengatasinya, ada jenis makanan untuk penderita asma yang terbilang cukup ampuh.

Penyakit ini cukup beresiko dan menyebabkan rasa nyeri di saluran pernafasan. Penderita asma sebaiknya tidak panik sebab hal ini akan memperparah kondisinya. Ketika panik maka yang terjadi adalah kesulitan untuk bernafas sehingga hal ini beresiko menyebabkan si penderita mengalami kolapse. Bahkan jika dibiarkan akan menjadi hal yang menakutkan yaitu kematian.

Selain dengan menggunakan obat-obatan dari dokter, ternyata pengobatan asma bisa memanfaatkan beberapa jenis makanan sehat. Menjaga asupan makanan yang bergizi menjadi salah satu fokus utama dalam menyembuhkan penyakit asma. Lalu apa saja jenis makanan sehat yang bisa membantu mengatasi penyakit asma?

Berikut Jenis Makanan Untuk Penderita Penyakit Asma

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung probiotik dan bakteri baik untuk tubuh. Kandungan tersebut berguna untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya peradangan pada tubuh yang memicu reaksi alergi. Seperti yang kita ketahui bahwa alergi menjadi salah satu pemicu timbulnya penyakit asma.

Buah Pisang

Pisang tergolong salah satu jenis buah yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang satu ini sangat mudah untuk diperoleh. Menurut hasil riset yang dilakukan di inggris menemukan bahwa mengkonsumsi buah pisang bisa menekan resiko penyakit asma sebesar 34%. Buah pisang mengandung nutrisi yang memungkinkan jaringan otot polos pada bronkus menjadi lebih rileks sehingga membuat pernafasan menjadi lebih lancar.

Kiwi

Kiwi tergolong buah sehat yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk mengatasi penyakit asma. Hal ini karena kiwi mengandung vitamin C yang berperan sebagai zat antioksidan. Senyawa tersebut akan membuat sistem pernapasan menajdi lebih sehat.

Bayam

Kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, beta karoten, magnesium, kalium dan mineral penting lainnya pada bayam berguna dalam mencegah dan mengatasi penyakit asma. Bayam sangat cocok dikonsumsi oleh penderita asma dalam meredakan penyakit tersebut.

Wortel

Wortel mengandung vitamin dan mineral serta antioksidan yang berasal dari beta karoten. Kandungan senyawa tersebut sangat berguna untuk penderita asma sebagai upaya untuk meredakan penyakit tersebut.

Jahe

Sifat antiimflamasi atau anti peradangan dari jahe mampu mencegah dan mengatasi penyakit asma. Konsumsi jahe dalam bentuk minuman ataupun dicampurkan pada makanan. Jahe mampu meredakan peradangan pada sistem pernafasan dengan sangat efektif tanpa menyebabkan efek samping.

Related Posts

Share This