7 Jenis Makanan Sehat Untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Pada masa pertumbuhan, anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Anda harus memperhatikan asupan gizi anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Hal yang paling penting dalam mencukupi semua kebutuhan gizi anak adalah dengan menyediakan sumber makanan yang beragam atau bervariasi. Hal ini karena semakin beragam makanan yang Anda sajikan untuk anak maka semakin lengkap pula gizinya.

Namun terkadang para orangtua  dibuat bingung oleh kebiasaan anak yang suka memilih-milih makanan sehingga kebutuhan gizinya tidak benar-benar tercukupi. Maka dari itu Anda harus lebih cerdas lagi dalam menyajikan makanan. Kreativitas Anda sangat dibutuhkan untuk menyiasati kebiasaan anak yang suka memilih makanan.

Makanan Sehat Untuk pertumbuhan Anak

Ada Beragam Jenis Makanan Sehat Untuk Menunjang Tumbuh Kembang Anak

Ikan tuna

Makanan sehat yang sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak salah satunya yaitu ikan tuna. Jenis ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang berperan penting dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak.  Selain itu, ikan tuna juga mengandung vitamin dan mineral serta sebagai sumber protei yang sangat tinggi. Anda bisa mengkombinasikan ikan tuna dengan jenis makanan lain untuk disajikan sebagai menu makan sehat bagi anak. Untuk mendapatkan hasil yang optimal sebaiknya sajikan makanan ini secara rutin.

Daging

Jenis makanan lain dengan kandungan nutrisi yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak yaitu daging tanpa lemak. Sajikan daging tanpa lemak dalam daftar menu makanan anak untuk melengkapi kebutuhan nutrisinya. Daging tanpa lemak adalah salah satu sumber makanan yang mengandung zat besi dan protein yang sangat tinggi. Kedua nutrisi tersebut dibutuhkan oleh anak dalam melengkapi kebutuhan gizinya selama masa pertumbuhan.

Susu

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan asupan kalsium yang lebih banyak. Hal ini karena kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Kalsium berperan penting dalam membentuk tulang yang kuat. Susu juga sebagai sumber protein dan lemak yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Disarankan untuk memberikan susu pada anak secara rutin pada masa pertumbuhannya.

Telur

Makanan yang satu ini sangat mudah untuk diperoleh dan diolah. Telur adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan vitamin, protein, zat besi dan mineral yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak. Sumber protein hewani ini berpeeran penting dalam mengoptimalkan perkembangan anak.

Sayuran

Tingginya kandungan serat, vitamin dan mineral menjadikan sayur sebagai salah satu sumber makanan terbaik untuk menunjang tumbuh kembang anak. Untuk menunjang perkembangan anak sebaiknya Anda memberikan beragam jenis sayuran. Untuk menyiasati anak yang tidak menyukai sayur sebaiknya Anda menyajikan sayur dengan lebih variatif. Dengan begitu anak-anak akan lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan sehat tersebut.

Kacang-kacangan

Terkadang orangtua merasa khawatir terjadinya alergi ketika harus memberikan makanan yang satu ini pada anak. Namun, perlu Anda ketahui kalau kacang adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E. Kedua nutrisi tersebut sangat berguna untuk menunjang tumbuh kembang anak.

Buah-buahan

Sumber makanan yang satu ini sangat mudah untuk diberikan pada anak. Anda tidak perlu mengolahnya terlebih dahulu. Buah-buahan mengandung banyak vitamin, salah satunya yaitu vitamin C. Seperti yang telah dikenal bahwa vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Nah, maka dari itu berikan buah pada anak sebagai sumber makanan untuk melangkapi kebutuhan nutrisinya selama masa pertumbuhan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517