7 Jenis Cemilan Sehat Untuk Ibu Hamil

Terlalu banyak mengkonsumsi  makanan ringan pada waktu hamil cenderung mengakibatkan berbagai macam permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan. Ibu hamil yang mempunyai kebiasaan ngemil tentunya sangat beresiko mengalami obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi apabila ibu hamil melupakan jumlah kalori yang terdapat di dalam sejumlah makanan. Alasan ibu hamil mempunyai kebiasaan ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan pada waktu hamil adalah untuk menghilangkan beberapa keluhan seputar kehamilan seperti morning sickness. Apabila kebiasaan ini tidak di kontrol maka bisa mengakibatkan berbagai macam gangguan kesehatan. Oleh karena itu disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi jenis cemilan sehat.

Cemilan sehat untuk ibu hamil

Berikut Ulasan Mengenai 7 Cemilan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

  1. Salad buah dan sayur

Cemilan sehat untuk ibu hamil yang pertama yaitu salad buah-buahan atau sayuran. Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan dan sayuran mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan. jenis makanan tersebut sangat kaya akan kandungan vitamin C sebagai antioksidan. Ibu hamil bisa memilih berbagai jenis buah untuk dibuat salad buah. Buah yang akan dikonsumsi sebaiknya benar-benar terbebas dari kandungan pestisida. Untuk itu cuci terlebih dahulu buah-buahan dan sayuran yang akan dibuat salad. Selain mengandung vitamin, buah dan sayur juga sangat kaya akan kandungan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Kacang mete

Kacang mete bisa menjadi salah satu pilihan cemilan bagi ibu hamil. Selain rasanya yang enak, ternyata kacang mete memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Protein tersebut berguna untuk membangun sel-sel janin. Selain itu, fungsi dari protein tersebut adalah untuk mendukung zat besi dalam proses pembentukan sel otot dan sel darah.

  1. Telur

Mungkin telur sedikit terdengar aneh ketika dijadikan sebagai cemilan. Akan tetapi telur bisa menjadi salah satu alternatif cemilan yang sehat bagi ibu hamil. Telur adalah salah satu sumber vitamin D yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh selama menjalani kehamilan dan menunjang pertumbuhan bayi. Selain itu, vitamin D berguna untuk membantu penyerapan kalsium. Telur juga mengandung banyak nutrisi yang lain seperti kalsium, posfor dan beberapa jenis vitamin yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

  1. Keripik ubi

Bagi ibu hamil yang mempunyai kebiasaan ngemil, ubi bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda konsumsi. Ubi mengandung vitamin A yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin dan membantu pembentukan sel-sel tubuh.

  1. Sereal gandum

Kombinasi antara sereal gandum utuh dan susu bisa menjadi cemilan sehat bagi ibu hamil. Sereal bisa menjadi menu untuk sarapan atau dikonsumsi di sela-sela istirahat. Gandum utuh adalah salah satu jenis makanan yang memiliki kadar glikemik yang rendah sehingga aman bagi ibu hamil.

  1. Keripik bayam

Untuk mendapatkan cemilan yang sehat, ibu hamil tidak perlu kebingungan. Bayam bisa menjadi alternatif untuk dijadikan cemilan. Anda bisa membuat keripik bayam yang renyah sehingga waktu ngemil Anda lebih menyenangkan dan sehat. Bayam mengandung zat besi, vitamin dan mineral yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

  1. Keju

Cemilan ibu hamil yang terakhir yaitu keju. Jenis makanan ini merupakan prodeuk olahan dari susu sehingga keju mengandung banyak nutrisi seperti kalsium dan protein. Keju bisa dijadikan cemilan dengan cara dimakan langsung atau dikombinasikan dengan jenis makanan yang lainnya.

Related Posts

Share This