7 Gejala Kanker Usus, Apakah Positif?

Gejala kanker usus. Kanker usus ini di sebabkan oleh pertumbuhan sejumlah sel yang memiliki sifat tidak normal yang berkembang di bagian usus besar, kecil, buntu bahkan berkembang di anus. Kanker usus ini akan muncul di sepanjang jaringan yang tipis di bagian usus, dan umumnya akan di ketahui sebagai kanker usus dengan menggunakan metode kolonoskopi.

Ada beberapa faktor yang memang dapat menyebabkan penyakit ini berkembang, diantaranya yaitu usia, sejarah keluarga, bahkan kebiasaan dalam merokok. Bahkan obesitas dan jarangnya mengkonsumsi sayuran atau bahkan buah-buhan juga disebut sebagai pemicu munculnya kanker usus.

Lantas jika seperti itu, apa saja tanda-tanda seseorang positif terkena kanker usus? Ingin tahu jawabannya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Darah pada tinja

Darah yang terdapat pada tinja merupakan salah satu tanda utama seseorang mengalami kanker usus atau bahkan kanker jenis lainnya. Bukan hanya terdapatnya darah, biasanya seseorang yang menderita kanker usus memiliki tekstur tinja yang lebih panjang juga tipis.

2. Anemia

Dikarenakan banyaknya darah yang keluar melalui tinja, maka keadaan tubuh juga beresiko mengalami anemia. Selain itu, orang yang menderita kanker usus yang juga mengalami anemia umumnya akan merasa kalau dirinya lebih lemas bahkan warna kulit yang berubah menjadi pucat.

3. Kelelahan

Memang hal yang wajar jika Anda merasa lelah ketika sudah beraktivitas. Namun, jika perasaan lelah tersebut disertai dengan gejala kanker usus yang lainnya, maka sebaiknya Anda patut mewaspadai keadaan ini. Karena telah kita ketahui, bahwa perasaan lelah ini juga bisa di sebabkan oleh anemia.

4. Penurunan berat badan

Bukan hanya anemia juga rasa lelah, orang yang menderita kanker usus juga akan mengalami penurunan berat badan secara drastis. Padahal, orang tersebut jelas tidak sedang menjalankan program diet atau bahkan program penurunan berat badan.

5. Masalah buang air besar

Diare, sembelit, atau bahkan beberapa hal lainnya merupakan hal-hal yang bisa membuat jadwal buang air besar Anda menjadi bermasalah. Namun Anda jangan pernah menyepelekan keadaan tersebut, terutama ketika Anda mengalami hal tersebut yang memang disertai dengan gejala kanker usus yang lainnya.

6. Perut tidak nyaman

Tanda lainnya jika seseorang positif menderita kanker usus yaitu, mereka kerap kali merasakan nyeri, sakit, inflamasi bahkan perasaan kembung di bagian perut. Karena, perasaan tidak nyaman ini di duga berasal dari sel-sel kanker yang memang menginvasi tubuh.

7. Obesitas

Untuk kasus seseorang yang menderita obesitas, biasanya bagian perutnya akan membuncit ketika mereka terserang oleh kanker usus. Maka dari itu, sebelum terlambat, alangkah lebih baik lagi jika Anda segera menurunkan berat badan Anda, karena oebsitas ini juga di sebut sebagai salah satu faktor atau penyebab terjadinya kanker usus.

Dan itulah beberapa tanda-tanda seseorang positif menderita kanker usus. Nah, jika Anda masih belum yakin dengan tanda-tanda ini, maka Anda bisa segera menghubungi dokter guna memperoleh kepastian yang lebih akurat.

Related Posts

Share This