7 Fakta Menarik Terkiat Operasi Caesar yang Wajib Anda Ketahui

Siapa bilang menjalankan proses persalinan dengan operasi caesar jauh lebih mudah dan tidak menyakitkan jika di bandingkan menjalankan persalinan normal? Sebenarnya, rasa sakit akan tetap di rasakan setelah persalinan melalui operasi caesar selesai, dan rasa sakit akan di rasakan sampai beberapa minggu ke depan.

Nah, ingin tahu fakta-fakta terkait persalinan caesar? Berikut ini ada beberapa fakta menarik mengenai proses persalinan secara caesar, yaitu sebagia berikut:

  1. Tetap melibatkan vagina

Walaupun vagina bukan lagi menjadi jalan lahir bagi janin dalam kandungan, namun tetap dokter akan memberikan cairan untuk membersihkan vagina setelah Anda melahirkan. Bahkan cairan ini umumnya akan di berikan lebih dari satu kali, tujuannya untuk membersihkan semua darah yang nantinya akan bocor melalui vagina setelah operasi.

  1. Perut seperti ditarik

Umumnya, orang yang menjalankan perasi caesar benar-benar akan merasakan mati rasa pada bagian perut selama menjalankan proses operasi sampai bberapa jam sesudahnya, sehingga pasien tidak akan merasakan sakit sedikitpun pada bagian perut ketika operasi.

Namun ada juga beberapa diantaranya yang menyebutkan, bahwa ketika menjalankan operasi caesar, mereka merasakan adanya sensasi seperti adanya dorongan juga tarikan pada bagian perut yang akan reda setelah janin dalam kandungan di keluarkan.

  1. Tubuh Anda mungkin akan gemetaran

Setelah Anda menjalankan operais caesar, umumnya pasien akan merasakan bagian tulang belakang yang gemetar yang bisa mempengaruhi semua anggota tubuh.

  1. Merasa kedinginan

Banyak juga diantaranya ibu hamil yang menjalankan persalinan melalui operasi caesar melahirkan yang mengeluhkan bahwa dirinya merasa keidnginan setelah menjalankan persalinan, bahkan cenderung menyalahkan suhu yang terlalu dingin di ruangan operasi.

  1. Anda akan memerlukan pelunak feses

Buang air besar juga merupakan salah satu masalah besar bagi bumil yang menjalankan oeprasi caesar, dikarenakan pasien akan merasa sulit untuk mendorong tinja ketika keadaan perut yang masih sakit serta luka operasi yang belum sembuh total.

  1. Batuk dan bersin akan menyakiti perut bekas operasi

Batuk, bersih atau bahkan tertawa bisa membuat keadaan luka bekas operasi di perut terasa sangat nyeri. Maka dari itu, Anda bisa mengambil bantal untuk mendukung keadaan perut Anda, dan hal ini bisa membantu Anda mencegah rasa nyeri dikarenakan aktivitas tertentu.

  1. Akan ada darah yang keluar dari vagina

Walaupun Anda menjalankan persalinan dengan operasi caesar, namun pendarahan terhadap vagina akan tetap terjadi walaupun telah beberapa hari setelah menjalankan operasi caesar.

Hal ini dinamakan dengan pendarahan postpartum yang akan terjadi ketika bagian dinding rahim menyembuhkan dirinya sendiri setelah plasenta terlepas serta pembuluh darah menanggapi turunnya kadar hormon.

  1. Meninggalkan bekas luka

Sayatan bekas operasi caesar pastinya akan meninggalkan bekas luka yang pastinya tidak akan menghilang begitu saja. Dan luka bekas operasi tersebut akan memudar lama-kelamaan seiring dengan berjalannya waktu.

Related Posts

Share This