7 Cara Paling Mujarab Mengatasi Mimisan di Hidung

Mimisan atau epistaksis merupakan suatu keadaan yang akan terjadi pada seseorangn ketika keluarnya darah dalam rongga hidung, darah tersebut akan terjadi jika adanya robekan terhadap selaput lendir yang tipis pada bagian dalam hidung, sehingga hidung mengeluarkan darayh. Mimisan pada hidung akan berhenti dengan sendirinya jika darah mulai membeku. Akan tetapi, darah akan keluar kembali jika si penderita ada dalam keadaan atau kondisi lingkungan yang memiliki suhu panas, salah satunya melakukan aktivitas di bawah terik matahari.

Mengatasi Mimisan di Hidung

Mimisan ini akan terjadi oleh beberapa faktor, seperti:

  1. Temperature cuaca yang ekstrim
  2. Kebiasaan mengorek hidung terlalu keras
  3. Adanya benda asing yang masuk kedalam ongga hidung
  4. Seringnya mengkonsumsi obat yang dapat mengencerkan darah
  5. Adanya kelainan terhadap orang tersebut
  6. Adanya polusi asap seperti rokok
  7. Terjadinya benturan
  8. Infeksi serta terjadinya peradangan terhadap hidung
  9. Kebiasaan membuang lendir yang terlalu keras
  10. Terhirupnya bahan kimia oleh hidung

Nah, jika mimisan terjadi pada Anda atau orang terdekat Anda, maka segeralah Anda untuk mengambil langkah untuk mengobati mimisan tersebut. Dan berikut ini ada beberapa tips paling mujarab mengatasi mimisan di hidung yang bisa Anda peraktekkan jika ada terkena mimisan, yaitu sebagai berikut:

  1. Pencetlah cuping hidung dengan ibu jari dan telunjuk Anda, tahan sejenak sekitar 3-5 menit, selama proses tersebut berlangsung, cobalah untuk bernafas dengan menggunakan mulut. Jika setelah 5 menit darah masih keluar dari hidung, lakukan kembali cara ini selama 10 menit, hingga darah benar-benar berhenti keluar dari dalam hidung.
  2. Kompres hidung dengan menggunakan handuk yang memang telah di basahi oleh air es, tujuan dari cara ini yaitu guna mengecilkan pembuluh darah juga untuk membekukan darah yang keluar dari dalam hidung Anda.
  3. Ambilah satu lembar daun siri yang masih muda, setelah itu bersihkan daun sirih muda ini dengan air bersih, remaslah dan gulung daun sirih menyerupai corong, lalu sumbatkan daun sirih ke lubang hidung. Diamkanlah beberapa saat, dan posisikan wajah untuk menengadah ke atas.
  4. Duduklah dengan posisi bersandar dan posisi kepala sedikit menunduk ke depan. Tujuan dari cara ini yaitu agar darah tidak mengalir ke bagian belakang hidung serta mengalir ke kerongkongan juga lambung. Dengan posisi duduk seperti ini, maka akan membuat aliran darah menjadi jauh lebih lambat dari sebelumnya.
  5. Jika mimisan masih berlanjut dan tidak berhenti dalam jangka waktu 10 menit, maka cepatlah pergi ke dokter. Karena bisa jadi mimisan ini merupakan satu indikasi serta gejala penyakit yang jauh lebih serius. Anda harus membiarkan dokter untuk menangani gejala ini dan mencari tahu sumber dari pendarahan ini.

Itulah beberapa cara yang paling mujarab yang bisa Anda lakukan guna mentasai mimisan di hidung, semoga Anda berhasil!

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517