7 Cara Menjaga Kesehatan Si Kecil

Memang benar, si kecil akan dengan mudah terkena beragam penyakit jika di bandingkan dengan orangtua. Dan salah satu penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman orangtua terhadap si kecil dalam cara menjaga kesehatan anak. Salah satu contohnya yaitu, si kecil tetap suka minum es walau ia sedang dalam keadaan kurang sehat. Oleh sebab itu, sebagia orangtua yang baik, bunda harus lebih pandai lagi dalam menjaga kesehatan anak agar si kecil tidak mudah terserang penyakit.

kesehatan anak

Agar bunda bisa menjaga kesehatan si kecil, sebenarnya cara menjaga kesehatan si kecil tidaklah susah. Setidaknya ada 7 cara tepat yang bisa bunda lakukan agar bunda tetap bisa menjaga kesehatan si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Makanan Bergizi yang Cukup

Makanan yang mengandung gizi bukanlah satu makanan yang memiliki harga beli yang mahal. Namun bunda cukup memberikan si kecil nasi yang di tambahkan dengan sayuran yang masih dalam keadaan segar, dan itu merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang baik. Bunda harus membiasakan si kecil agar si kecil suka mengkonsumsi sayuran, karena sayuran sangat bagus untuk tumbuh kembangnya.

  1. Biasakan Makan Buah

Bukan hanya sayuran yang segar, bunda juga harus membiasakan si kecil untuk mengkonsumsi buah-buhan. Karena hampir semua jenis buah memiliki nilai gizi yang sangat baik untuk si kecil. Namun jika si kecil kurang suka mengkonsumsi buah secara langsung, maka bunda bisa menghidangkannya dalam bentuk jus.

  1. Istirahat yang Cukup

Penting untuk bunda ketahui, bahwa si kecil di wajibkan untuk memiliki waktu tidur siang dan tidur malam. Biasakan si kecil untuk tidur minimal 1 jam untuk siang hari, dan 8 jam untuk malam hari. Dengan waktu istirahat yang cukup, maka tubuh si kecil bisa kembali memperbaiki dirinya dan mampu melawan segala gangguan dari penyakit yang hendak menyerangnya.

Baca juga : 5 Manfaat Brokoli Hijau Untuk Menjaga Kesehatan Si Kecil

  1. Madu untuk Anak

Memang khasiat yang dimiliki madu sebagai salah satu obat alami guna menjaga kesehatan memang sudah terbukti. Bunda bisa memberikan madu secara rutin kepada si kecil, hal ini guna membuat si kecil menjadi anak yang lebih sehat serta tahan terhadap segala gangguan penyakit.

  1. Bersihkan Kamar si Kecil

Bunda harus membersihkan kamar si kecil secara periodic. Gantilah sprei serta sarung bantal dan guling si kecil minimal satu minggu sekali, bahkan bunda harus membersihkan kamar si kecil dari barang-barang yang memang tidak berguna. Jangan lupa untuk menyapu dan mengepel kamar si kecil setiap hari, dengan begitu kamar si kecil tetap dalam keadaan bersih juga nyaman.

  1. Buatlah si Kecil Senang

Jangan pernah bunda membuat si kecil merasa bosan dengan cara mengurung dirinya di rumah terus-menerus. Bunda bisa mengajak si kecil keluar rumah, untuk bermain dengan teman sebayanya, agar hati si kecil merasa senang. Karena secara tidak langsung pikiran yang bahagia bisa membuat si kecil merasa lebih sehat.

  1. Jangan Melindungi Terus

Dengan cara membiarkan si kecil untuk bermain tanah atau air, akan membuat tubuhnya “mengenal” yang namanya kuman, virus serta bakteri. Dari proses pengenalan itulah, tubuh si kecil akhirnya bisa menghasilkan antibody guna melawan sejumlah virus dan bakteri tersebut. Dengan begitu si kecil tidak akan mudah terkena penyakit. Namun satu hal yang harus buda ingat, sebagai orangtua bunda harus tetap memberikan rambu-rambu sampai sejauh mana si kecil boleh bermain.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517