7 Cara Jitu Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ tubuh bagian dalam yang berfungsi untuk membuang zat-zat berbahaya melalui urin. Ginjal berperan penting dalam proses metabolisme tubuh dan menjaga sirkulasi darah supaya tetap bersih. Jika fungsi dan kesehatan ginjal terganggu maka akan berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh karena sisa metabolisme tidak bisa dikeluarkan sehingga menjadi racun.

Menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan. Dengan menjaga kesehatan organ tersebut maka proses metabolisme akan berjalan lancar sehingga tubuh tetap sehat. Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Salah satunya yaitu dengan membiasakan pola hidup sehat.

Berikut Cara Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

  1. Olahraga

Cara menjaga kesehatan ginjal yang pertama sangat mudah untuk dilakukan yaitu dengan rutin olahraga. Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga memiliki manfaat yang luar biasa untuk menjaga kebugaran tubuh. Dengan menerapkan kebiasaan berolahraga secara rutin maka akan mengoptimalkan fungsi ginjal. Ketika Anda melakukan gerakan saat olahraga maka akan membantu melancarkan proses pembentukan urin.

  1. Air putih

Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan mengkonsumsi air putih. Perlu Anda ketahui bahwa hampir 70% aktivitas di dalam tubuh membutuhkan air putih. Banyak manfaat yang akan diperoleh dengan mengkonsumsi air putih secara rutin. Salah satunya yaitu untuk menjaga kesehatan ginjal. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 2 liter setiap harinya maka akan mengoptimalkan fungsi ginjal. Air putih akan membantu meringankan kinerja ginjal sehingga racun-racun sisa metabolisme tubuh akan dikeluarkan bersama urin.

  1. Perhatikan berat badan

Untuk menjaga kesehatan ginjal maka Anda harus menjaga berat badan ideal. Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas sangat rentan terkena penyakit ginjal. Hal ini karena lemak yang tertimbun dan menumpuk pada bagian perut akan menghambat kinerja ginjal. Penumpukan lemak tersebut akan memberikan tekanan pada ginjal sehingga kesulitan untuk memproses urin. Jika hal itu terjadi maka racun-racun sisa metabolisme tidak bisa di saring dan membahayakan tubuh.

  1. Menjaga kadar gula

Keseimbangan kadar gula dalam darah harus senantiasa di jaga supaya tidak menimbiulkan masalah pada ginjal. Jika kadar gula darah tinggi maka kinerja ginjal akan semakin berat karena harus menyaring banyak darah. Apabila hal tersebut terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa menjaga gula darah dengan mengurangi konsumsi makanan manis.

  1. Menjaga tekanan darah

Bagi Anda yang memiliki penyakit hipertensi sebaiknya melakukan pengobatan yang benar dengan dokter ahli. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa berakibat terhadap kesehatan ginjal. Ada banyak cara untuk mengatasi penyakit hopertensi yaitu dengan cara menghindari segala sesuatu yang bisa menyebabkan stres. Disamping itu, Anda juga harus mencukupi waktu istirahat yang ideal setiap harinya.

  1. Hentikan kebiasaan buruk

Untuk menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk seperti meminum minuman beralkohol ataupun merokok. Alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan memicu ginjal untuk bekerja ekstra keras sehingga perlahan-lahan mengakibatkan kerusakan. Selain itu, kebiasaan merokok bisa memicu kanker ginjal. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut sebelum hal buruk terjadi pada Anda.

  1. Pola makan sehat

Ginjal berfungsi untuk menyaring racun, maka dari itu setiap makanan yang Anda konsumsi harus dalam keadaan sehat. Jika makanan yang Anda konsumsi kurang sehat atau bahkan mengandung bahan kimia maka hal ini akan membuat kerja ginjal semakin berat. Hindari makanan yang mengandung kadar lemak tinggi atau gula yang berlebih. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin, zat besi maupun mineral.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda lakukan. Untuk memastikan kesehatan ginjal Anda, sebaiknya melakukan pemeriksaan ginjal secara berkala.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517