7 Cara Ampuh Atasi Nyeri Tumit Dalam Waktu yang Singkat

Nyeri tumit merupakan salah satu masalah kesehatan pada kaki yang sangat umum dan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Perasaan nyeri tersebut kerap kali dirasakan pada bagian bawah tumit, dibelakang tumit atau bahkan lengkungan kaki. Nyeri tumit bisa terjadi kapan saja dan datang secara tiba-tiba.

Nyeri tumit bisa dipicu oleh beberapa gangguan kesehatan seperti riwayat cedera, patah tulang, keseleo ataupun saraf terjepit. Nyeri tumit mungkin bukan merupakan suatu penyakit, namun gangguan kesehatan tersebut harus segera diatasi supaya tidak mengganggu kenyamanan dan aktivitas sehari-hari.

Penanganan nyeri tumit bisa dilakukan dengan menggunakan bahan dan cara alami seperti melakukan pemijatan ataupn peregangan. Namun jika nyeri tumit sudah terbilang tidak wajar dan tak kunjung sembuh maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mencegah kondisi yang lebih buruk terhadap kesehatan Anda.

Dan berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi nyeri tumit, yaitu sebagai berikut:

1. Pijat

Salah satu cara untuk menghilangkan nyeri tumit yaitu dengan melakukan pemijatan. Walaupun bukan merupakan obat dalam jangka panjang, namun pijat bisa membantu meredakan gejala nyeri tumit. Dengan pijat maka akan membantu mengendurkan otot-otot serta meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut.

2. Menggunakan Es

Kompres menggunakan air es merupakan cara yang terbilang ampuh untuk meredakan nyeri tumit. Suhu dingin akan memberikan efek menenangkan pada otot disekitar tumit.

3. Peregangan

Selain pijat, Anda juga bisa melakukan latihan peregangan untuk meredakan keluhan seputar nyeri tumit. Peregangan akan membantu memperlancar sirkulasi darah dan memperkuat otot-otot di bagian tumit.

4. Minyak Ikan

Minyak ikan bisa digunakan untuk merdakan nyeri tumit karena mengandung asam lemak omega-3 ganda dan EPA. Hal ini berguna untuk meredakan rasa nyeri dan otot-otot tumit yang kaku.

5. Kunyit

Kunyit juga bahkan memiliki khasiat yang luar biasa dalam meredakan nyeri tumit. Kandungan senyawa kurkumin pada kunyit terbilang ampuh untuk meredakan nyeri tumit. Disamping itu, sifatanti imflamasi pada kunyit ampuh untuk menghilangkan peradangan penyebab rasa nyeri tersebut.

6. Cuka Apel

Sifat antioksidan dan anti imflamasi pada cuka apel ampuh untuk meredakan nyeri tumit. Gunakan cuka apel untuk meredakan keluhan yang Anda rasakan jika sewaktu-waktu sakit.

7. Jahe

Jahe ternyata bisa membantu meredakan nyeri tumit karena memiliki sifat anti imflamasi. Hal ini karena jahe mengandung senyawa gingerol untuk menghambat produksi hormone penyebab nyeri pada bagian tumit. Selain itu, jahe akan memperlancar sirkulasi darah keseluruh bagian tubuh terutama tumit.

Nah, itulah beberapa cara alami untuk meredakan nyeri tumit. Untuk mencegah nyeri tumit sebaiknya Anda aktif bergerak seperti rutin berolahraga dan perbanyak konsumsi makanan bergizi serta air putih. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This