7 Cara Ampuh Atasi Kaki Bengkak Setelah Melahirkan

Mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan mungkin menjadi satu persoalan yang cukup serius bagi sebagian besar kauam wanita. Walaupun kondisi ini cukup mengganggu bahkan bisa membuat panic, namun sebaiknya Anda tidak perlu khawatir menegnai kondisi ini, karena kondisi ini bisa hilang dengan sendirinya.

Umumnya, penyebab kaki bengkak setelah melahirkan yaitu adanya hambatan aliran darah di bagian kaki serta adanya peningkatan volume darah selama masa kehamilan yang memang didistribusikan selama beberapa minggu setelah Anda melahirkan. Dan kondisi ini umumnya akan lebih sering terjadi ketika proses persalinan, dan ibu hamil akan mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Nah, untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan, maka di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan, yaitu sebagai berikut:

1. Anda bisa meninggikan posisi kaki, baik ketika Anda tidur atau bahkan ketika anda duduk. Dan jika Anda tengah duduk santai atau bahkan tidur, Anda bisa meletakkan ganjalan untuk meletakkan kaki Anda, hal ini bertujuan agar posisi telapak kaki Anda lebih tinggi jika dibandingkan dnegan pantat. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi cairan yang menumpuk di daerah pergelangan kaki setelah proses persalinan.

2. Satu hal yang harus Anda hindari ketika Anda duduk, yaitu jangan menyilangkan kaki ketika Anda duduk. Karena posisi ini bisa menghambat peredaran aliran darah Anda, sehingga bisa memperburuk kondisi pembengkakan. Maka dari itu, Anda harus memposisikan telapak kaki kiri Anda dengan lantai atau bahkan lebih tinggi.

3. Anda bisa meluangkan waktu Anda sejenak untuk melakukan peregangan, maka dengan cara berdiri dan sedikit berjalan-jalan di rumah atau bahkan di rumah sakit bisa menjadi solusi sebelum Anda melakukan persalinan. Dengan Anda melakukan aktifitas ini, maka bisa membantu sirkulasi peredaran darah Anda agar lebih lancar.

4. Anda bisa merendam kaki Anda dengan menggunakan air garam, karena kandungan mineral yang ada di dalam garam bisa mengurangi rasa lelah dan bisa mengurangi bengkak di bagian kaki Anda.

5. Ketika Anda ingin buang air kecil, sebaiknya Anda jangan pernah menahannya. Dan mungkin saja Anda merasa ketakutan akan bekas jaitan setelah persalinan tidak cepat kering dan bisa saja patah. Dan ternyata ketakutan tersebt sangat salah, karena air kencing tidak akan mempengaruhi cepat atau lamanya jahitan bekas operasi mongering.

6. Memperbanyak mengkonsumsi air putih setelah proses persalinan.

7. Anda bisa mengoleskan ramuan beras, kencur, asam juga garam yang telah di campurkan dan dihaluskan.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan guna mengatasi kaki bengkak setelah melahirkan. Semoga dengan cara ini, kaki Anda yang bengkak setelah melahirkan bisa kembali normal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517