6 Tips Untuk Mencegah Kelahiran Bayi Secara Prematur

Melahirkan bayi dalam keadaan sehat dengan cara yang normal merupakan dambaan setiap ibu hamil. Tidak ada seorang pun yang mengharapkan bayi yang dikandungnya  lahir sebelum waktu yang seharuasnya (prematur). Persalinan secara prematur terjadi ketika usia kehamilan belum memasuki minggu ke-37 atau minggu ke-38.

Bayi yang terlahir secara prematur dengan keadaan berat badan yang kurang sangat beresiko terkena berbagai macam penyakit. Salah satu kelainan yang bisa terjadi pada bayi yang terlahir prematur yaitu masalah pernapasan. Hal ini tentunya mengharuskan bayi prematur untuk mendapatkan perawatan dan perhatian ekstra.

Mencegah Bayi Lahir Prematur

Faktor yang berpengaruh terhadap kelahiran bayi secara prematur yaitu gaya hidup dan kebiasaan ibu hamil. Selain itu, asupan makanan juga memberikan pengaruh penting terhadap perkembangan janin selama di dalam kandungan. Kekurangan asupan nutrisi pada ibu hamil bisa menyebabkan cacat pada bayi sehingga hal tersebut memicu kelahiran secara prematur.

Tips Mencegah Kelahiran Bayi Secara Prematur

Menjaga berat badan ideal

Pada waktu memasuki masa kehamilan biasanya berat badan seorang wanita akan meningkat. Hal ini karena pengaruh hormone kehamilan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Berat badan yang berlebih atau terlalu kurus tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Berat badan yang terlalu rendah atau kurus merupakan salah satu penyebab kelahiran secara prematur. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk menjaga berat badan ideal selama hamil dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Selain itu, ibu hamil juga disarankan berolahraga untuk menjaga berat badan tetap ideal dan menjaga kebugaran.

Menjaga kesehatan mulut

Kebersihan mulut selama menjalani kehamilan harus senantiasa dijaga. Penyakit mulut dan gusi pada waktu hamil sangat beresiko menyebabkan kelahiran bayi secara prematur. Kebersihan mulut terkadang dianggap hal yang sepele oleh kebanyakan orang padahal kesehatan mulut sangat berpengaruh terhadap kesehatan organ tubuh yang lainnya. Ibu hamil disarankan untuk selalu menjaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi.

Baca Juga:  5 Tanda-tanda Akan Melahirkan Yang Harus Anda Ketahui!

Mencukupi kebutuhan nutrisi

Kebutuhan nutrisi pada waktu hamil akan meningkat karena nutrisi dibutuhkan oleh ibu hamil dan perkembangan janin. ibu hamil harus mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral pada waktu hamil. Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting terhadap perkembangan janin dan mencegah berbagai kelainan pada ajanin seperti cacat atau kelahiran prematur. Kekurangan nutrisi waktu hamil akan memicu kelahiran secara prematur dan berat badan yang terlalu rendah pada bayi.

Rutin mengkonsusmi air putih

Cara lain untuk mencegah kelahiran secara prematur yaitu dengan mencukupi kebutuhan cairan untuk tubuh. Salah satunya yaitu dengan rutin mengkonsumsi air putih. Kekurangan cairan pada waktu hamil sangat beresiko dehidrasi sehingga memicu kontraksi dan kelahiran bayi sebelum waktunya. Air putih sangat disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk melancarkan peredaran darah yang membawa nutrisi dan oksigen bagi janin.

Menghindari rokok dan alkohol

Ibu hamil tidak disarankan untuk merokok dan mengkonsumsi minuman dengan kandungan alkohol. Ibu hamil juga disarankan untuk menjauhi lingkungan perokok karena paparan asap rokok juga berbahaya bagi kehamilan. Gaya hidup yang tidak sehat waktu hamil menjadi pemicu kelahiran bayi secara prematur.

Rutin melakukan pemeriksaan kehamilan

Pemeriksaan secara rutin akan meminimalisir berbagai resiko yang terjadi pada kehamilan. Ibu hamil disarankan untuk memeriksakan kandungan setiap bulan. Perkembangan dan kesehatan janin akan senantiasa terpantau sehingga berbagai macam gangguan yang beresiko menyebabkan kelahiran prematur bisa di minimalisir.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517