6 Tips Jitu Agar Air Susu Ibu (ASI) Mengalir Deras

Setelah pengalaman yang sangat indah dilalui, yaitu masa kehamilan, maka inilah saatnya Anda memberikan air susu ibu atau ASI eksklusif kepada si kecil guna memenuhi kebutuhan nutrisinya.

ASI merupakan salah satu makanan alami terbaik bagi si kecil. Mengapa? Karena ASI ini bukan hanya berperan sebagai sumber makanan, namun juga mampu melindungi bayi dari serangan penyakit karena pasokan antibody ke bagian darahnya.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan ASI si kecil, berikut ini ada beberapa tips agar ASI lancar dan mampu mencukup kebutuhan ASI si kecil, yaitu sebagai berikut:

  1. Meningkatkan frekuensi menyusui

Cara agar ASI lancar yang pertama yaitu Anda dianjurkan untuk menyusui si kecil setiap 3 jam pada siang hari. Dan setiadaknya hal ini mampu membantu Anda dalam meningkatkan produksi ASI Anda. Jika si kecil tengah tidur siang, cobalah untuk membangunkannya untuk memberikannya ASI.

  1. Memiliki kontak kulit ke kulit dengan bayi Anda

Ketika Anda menyusui si kecil, Anda dianjurkan untuk membelainya dan lakukanlah kontak kulit secara langsung dengannya. Dan cara ini merupakan cara perawatan. Bahkan hal ini juga dipercaya mampu merangsang pengeluaran susu atau ASI eksklusif dari payudara Anda, bahkan produksi ASI akan meningkat.

  1. Hindari dot

Anda harus bisa menghindari DOT, karena dot hanya akan mengakhiri masa menyusui Anda, bahkan si kecil tidak akan lagi mau menghisap payudara Anda. Dan jika Anda ingin meningkatkan produksi ASI Anda, maka Anda harus menghindari pemberian dot untuk buah hati Anda.

  1. Menjaga diri sendiri

Mengalami stress serta melibatkan diri Anda sendiri dengan terlalu banuyak pekerjaan rumah tangga bisa membuat diri Anda sendiri menjadi lelah bahkan Anda tidak akan bisa menghabiskan waktu yang berkualitas dengan si kecil.

Bukan hanya itu, bahkan Anda juga tidak akan memperoleh waktu yang cukup untuk memberikan makanan kepada si kecil serta beberapa hal lainnya yang memang bisa menjadi penyebab turunnya produksi ASI Anda.

  1. Membawa bayi Anda ke tempat tidur untuk makan

Anda bisa menyusui si kecil di tempat tidur, dan itu akan membuat Anda dan si kecil menjadi santai. Ketika Anda merasa santai, maka hal tersebut mampu meningkatkan produksi hormon yang mana akan memproduksi susu sehingga bisa menghasilkan lebih banyak ASI.

  1. Tidak perlu menunggu sampai payudara terisi penuh

Penting untuk Anda ketahui, bahwa keadaan payudara Anda akan selalu penuh dengan susu untuk diberikan kepada si kecil. Jumlah susu yang ada pada payudara Anda hanya akan meningkat ketika Anda menyusui si kecil saja. Bahkan kandungan lemak yang terdapat dalam susu Anda akan terlihat lebih tinggi jika si kecil sering menyusu.

Related Posts

Share This