6 Tips Hamil Sehat

Tahap awal kehamilan atau trimester pertama merupakan saat-saat yang paling rentan terjadi gangguan. Resiko keguguran atau janin cacat sangat mungkin terjadi pada usia awal kehamilan jika Anda tidak benar-benar menjaga dengan baik. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam menjalani program hamil yang sehat.

Secara umum untuk memperoleh kehamilan sehat, Anda harus mencukupi semua kebutuhan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Berikut beberapa tips sehat ibu hamil yang bisa Anda lakukan dalam menunjang tumbuh kembang janin!

  1. Pemeriksaan sejak dini

Tips hamil sehat yang pertama yaitu dengan melakukan pemeriksaan kehamilan sejak dini. Pemeriksaan sejak dini berguna untuk mendeteksi resiko yang mungkin mengancam kehamilan Anda. Jika resiko kehamilan diketahui sejak awal maka bisa segera dilakukan penanganan.

Lakukan pemeriksaan secara rutin pada tahap awal kehamilan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui kondisi kehamilan dan tindakan apa yang harus dilakukan dalam menunjang kehamilan sehat.

  1. Selektif dalam mengkonsumsi makanan

Semua jenis makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan diserap oleh janin sehingga dalam hal ini ibu hamil harus lebih selektif. Pilihlah makanan yang bergizi untuk menunjang pertumhan janin di dalam kandungan. Hindari jenis makanan yang bisa membahayakan kehamilan Anda seperti makanan mentah, memiliki pengawet, pemanis buatan dan jenis makanan tidak sehat lainnya.

  1. Olahraga

Untuk memperoleh kehamilan sehat, biasakan untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Anda bisa mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil seperti yoga ataupun latihan meditasi. Banyak manfaat yang akan diperoleh dari olahraga seperti mengatasi keluhan seputar kehamilan, memperlancar sirkulasi darah, meningkatkan kebugaran dan mencegah obesitas.

  1. Vitamin kehamilan

Bagi Anda yang sering mengeluh lesu ataupun lemas selama hamil sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kandungan. Minta pendapat dokter tentang mengkonsumsi vitamin untuk kehamilan. Vitamin yang mengandung zat besi dan asam folat bisa menjadi salah satu pilihan ibu hamil dalam mengatasi kelauhan tersebut. Selain itu, asam folat sangat berguna dalam membatu pembentukan tabung saraf dan mencegah cacat pada janin.

  1. Mencukupi waktu istirahat

Waktu istirahat sangat penting bagi ibu hamil. Jika terlalu kelelahan maka sangat beresiko terjadinya gangguan pada kehamilan. Ibu hamil sangat disarankan untuk memperbanyak waktu istirahat pada waktu siang maupun malam hari. Hal ini tidak lain bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh ibu hamil sehingga perkembangan janin di dalam kandungan berjalan normal dan optimal.

  1. Menjaga kesehatan gigi

Peningkatan hormon progesterone dan estrogen biasanya akan menyebabkan ibu hamil mengalami beberapa maslah terkait dengan kesehatan gigi dan mulut. Nah, maka dari itu sebaiknya ibu hamil menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara rutin sikat gigi dan memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517