6 Tips Aman Memandikan Bayi Bagi Ibu Pemula

Memandikan bayi merupakan salah satu rutinitas penting yang harus dilakukan dengan cara yang benar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan bayi. Bagi orangtua yang pertama kali memiliki anak, terkadang merasa kebingungan pada waktu akan memandikan bayi. Memandikan bayi harus dilakukan dengan cara yang benar dan hati-hati supaya tidak melukai bayi. Oleh karena itu, penting sekali bagi seorang ibu, terutama ibu baru untuk mengetahui cara memandikan bayi yang benar dan aman.

Tips Aman Memandikan Bayi

Berikut Ini Tips Aman Memandikan Bayi Bagi Ibu Pemula

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memandikan bayi yaitu mempersiapkan semua perlengkapan mandi bayi. Langkah selanjutnya yaitu memeriksa suhu air supaya jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Pastikan suhu air untuk bayi cukup hangat karena suhu air yang terlalu dingin akan membuat bayi kedinginan dan sebaliknya apabila terlalu panas maka akan membahayakan keselamatan bayi.
  • Pada waktu memandikan bayi tidak disarankan untuk menggunakan sabun antiseptik karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi. Sebaiknya Anda menggunakan sabun khusus untuk bayi yang mengandung vitamin E. Hindari sabun bayi yang memiliki kandungan deterjen. Dalam hal ini para orangtua harus teliti dan berhati-hati memilih jenis sabun supaya tidak membahayakan kesehatan kulit bayi.
  • Jangan pernah memandikan bayi sesaat setelah diberi makan karena tidak baik untuk kesehatan bayi. Memandikan bayi setelah makan bisa menyebabkan bayi muntah.
  • Hindari meletakan bayi pada bak mandi ketika air masih mengalir karena hal tersebut akan menyebabkan suhu air berubah dan belum stabil untuk bayi. Pakailah bak mandi yang di desain khusus untuk bayi. Pada waktu memandikan bayi, bak mandi bayi hanya diisi dengan 10 cm air supaya bayi tidak terendam.
  • Lepaskan baju bayi dengan hati-hati dan perlahan kemudian gunakan handuk untuk membungkus bayi dan letakan bayi di atas pangkuan Anda. Pertama-tama bersihkan bagian wajah, mata dan hidung bayi dengan menggunakan kapas basah. Setelah itu kemudian basuh bagian wajah bayi dan lanjutkan membasuh anggota badan yang lain seperti leher, badan bayi hingga kaki bayi. Jangan lupa untuk membersihkan area lipatan pada tubuh bayi seperti bagian ketiak, selangkangan dan alat kelamin bayi. Bersihkan bagian telinga luar dan hidung bayi dengan menggunakan cotton buds secara hati-hati. Gunakan waslap untuk menyabuni badan dan kepala bayi. Sangat disarankan untuk menggunakan sabun dan shampo khusus bayi yang tidak akan menyebabkan pedih di mata.
  • Setelah semuanya selesai, bilas dan bersihkan bagian kepala dan badan bayi menggunakan air yang bersih. Keringkan bayi menggunakan handuk yang berbahan lembut dan biarkan bayi terbungkus handuk untuk beberapa saat. Setelah badan bayi kering dari air, gunakan minyak telon dan juga bedak khusus untuk bayi, baru kemudian bayi dikenakan baju. Pastikan baju yang dipakai bayi benar-benar bersih supaya tidak menimbulkan iritasi.

Demikian beberapa tips aman dalam memandikan bayi yang bisa menjadi acuan bagi ibu pemula. Semoga bermanfaat dan menambah informasi serta pengetahuan Anda.

Related Posts

Share This