6 Tanda-tanda Kehamilan yang Wajib Anda Ketahui

Kehamilan merupakan salah satu periode dimana seorang wanita akan membawa embrio di dalam rahimnya. Nah, bagi pasangan suami istri yang memang baru saja menikah, kehamilan merupakan satu momen atau satu masa yang paling di harapkan. Begitu di nantinya masa kehamilan, banyak diantaranya pasangan atau bahkan wanita yang memang tidak mau ketinggalan momen seperti ini, sehingga mereka mencari tahu seperti apa si tanda-tanda kehamilan? Lantas, ciri-ciri seperti apa yang di tunjukkan oleh wanita yang hamil muda?

gejala awal kehamilan

Nah, guna menambah pengetahuan serta menjawab rasa penasaran Anda terkait tanda awal kehamilan, di bawah ini ada beberapa tanda-tanda kehamilan yang penting dan wajib untuk di ketahui, yaitu sebagai berikut:

  1. Payudara yang membesar dan (kadang) nyeri

Gejala awal kehamilan yang pertama yaitu keadaan payudara yang semakin membesar serta dirasakannya nyeri pada bagian payudara. Biasanya Anda akan merasakan nyeri seperti ketika mendekati waktu menstruasi. Bahkan ada juga beberapa diantaranya yang bahkan bisa merasakan perbeadaan tersebut beberapa hari setelah terjadinya pembuahan.

  1. Mual dan Muntah

Gejala mual yang disertai dengan muntah biasanya sangat identic dengan gejala kehamilan. Adanya perubahan hormon bisa menyebabkan wanita yang tengah hamil merasa mual yang disertai dengan muntah, biasanya hal ini kerap terjadi ketika pagi hari, namun terkadang perasaan mual juga muntah bisa di alami di siang juga malam hari. Nah, jika Anda benar-benar positif hamil, Anda tidak usah khawatir, karena hal ini biasanya berlangsung di trimester pertama.

  1. Penciuman lebih sensitif

Selain itu, terkadang penciuman Anda menjadi lebih tajam dari biasanya, dan bisa jadi hal ini merupakan gejala kehamilan. Hal ini bisa juga terjadi ketika adanya perubahan hormon yang ada di dalam tubuh Anda.

  1. Sering Kencing

Sering buang air kecil juga merupakan salah satu pertanda munculnya kehamilan. Hormon yang berubah bertanggung jawab secara penuh terhadap aliran darah serta frekuensi kencing atau buang ari kecil Anda.

  1. Tidak haid

Anda tidak haid? Apakah ini pertanda kehamilan? Walaupun tidak haid bukanlah selalu pertanda kehamilan, namun bisa jadi Anda mengalami kehamilan ketika haid tidak keluar. Nah, sangat di sarankan kepada Anda untuk selalu rajin mengecek tanggal siklus haid Anda.

  1. Kenaikan suhu tubuh

Jika Anda merupakan orang yang teliti, suhu basal atau suhu ketika Anda baru bangun tidur di pagi hari akan terus meningkat sampai 1 derajat semenjak terjadinya konsepsi, dan hal ini akan terus berlangsung jika memang Anda tengah hamil.

Nah itulah beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan. Namun semua pertanda di atas bukanlah sebuah pertanda yang pasti, oleh karena itu sebaiknya Anda bisa memastikan hal tersebut dengan cara melakukan tes kehamilan.

Related Posts

Share This