6 Tahap Perkembangan Gerak Pada Bayi Berusia 9 – 12 Bulan

Perkembangan bayi semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Tahap perkembangan bayi dalam bergerak di mulai dari merangkak sampai pada akhirnya bayi mampu untuk berjalan sendiri. Perkembangan yang bertahap ini merupakan salah satu rangkaian gerak yang menyenangkan dalam tahapan perkembangan bayi. Ketika memasuki usia 9 bulan, bayi sudah mulai menguasai gaya merangkak dengan cepat dan efisien.

Ketika bayi mulai menguasai gerakan merangkak dengan baik maka biasanya bayi akan mulai bereksperimen untuk melakukan berbagai macam variasi gerakan yang lainnya. Meningkatnya kemampuan bayi dalam bergerak sangat berguna untuk membantu bayi dalam bersosialisasi. Salah satunya yaitu bayi sudah memiliki kemampuan untuk menghampiri Anda seakan-akan dia mengajak untuk bermain.

Tahap Perkembangan Bayi 9 – 12 Bulan

Tahapan merangkak

Ahli perkembangan bayi berpendapat bahwa tahapan merangkak adalah salah satu tahapan yang paling penting bagi perkembangan bayi. Hal ini karena gerakan merangkak merupakan sebuah langkah awal bagi bayi untuk mempelajari keseimbangan tubuhnya. Akan tetapi ada sebagaian bayi yang melewati tahapan ini dan melakukan gerakan lain yang setingkat lebih maju dari merangkak. Kondisi seperti ini tentunya memiliki dampak negatif dan beresiko menyebabkan masalah koordinasi pada bayi di kemudian hari.

Tahapan menarik diri dan memanjat

Tahapan selanjutnya yang terjadi pada bayi yang berusia 9 bulan yaitu berusaha bergerak untuk memanjat. Coba Anda perhatikan bagaimana bayi Anda berusaha untuk menjangkau kursi atau kasur. Bayi berusaha untuk memegang pinggiran kasur dan berusaha menarik diri mereka keatas. Pada usia ini perkembangan sistem saraf bayi mulai bekerja secara efektif dari kepala sampai ke kaki sehingga lengan bayi sudah sangat kuat untuk mencengkram suatu benda.

Seiring dengan berkembangnya kemampuan bayi dalam memanjat maka terkadang Anda akan menemukan si kecil yang berusaha untuk menaiki tangga ataupun tumpukan bantal di atas tempat tidur. Selain itu, Anda akan melihat bagaimana si kecil kebingungan untuk menuruni tangga sehingga mereka mendorong tubuhnya untuk turun dari tempat tersebut. Semakin berkembangnya kemampuan bayi dalam bergerak maka perhatian Anda harus terfokus untuk mengawasi bayi.

Tahapan berdiri

Secara bertahap kini bayi Anda sudah mulai belajar untuk berdiri meskipun masih belum seimbang dan berpegangan. Bayi mulai menyukai tahapan yang baru di temuinya ini sehingga dia akan berlama-lama untuk menikmati posisi barunya. Pada waktu pertama kali terkadang usaha bayi untuk berdiri diwarnai dengan keseimbangan tubuh yang belum optimal sehingga bayi kerap kali terjatuh.

Tahapan merambat

Ketika bayi sudah memiliki kemampuan untuk berdiri meskipun masih menggunakan sandaran atau pegangan maka rasa ingin tahu bayi akan semakin bertambah sehingga dia mulai bereksplorasi. Bayi akan mulai melangkahkan kakinya untuk mulai menjelajahi ruangan atau yang disebut dengan tahapan merambat. Perlahan-lahan bayi akan berjalan mengelilingi meja atau kursi sambil berpegangan. Bayi sudah memiliki kemampuan untuk berdiri dan berjalan merambat. Untuk menoptimalkan kemampuan berdirinya sebaiknya Anda menaruh mainan di atas meja sehingga bayi akan belajar berdiri untuk beberapa saat.

Tahapan berdiri tanpa sandaran atau pegangan

Perhatikan perkembangan bayi dalam berjalan merambat sambil berpegangan, terkadang dia berusaha untuk melepaskan pegangannya. Kini kemampuannya untuk berjalan tanpa pegangan sudah mulai terlihat. Bayi akan berusaha untuk berjalan sambil melepaskan pegangan tangannya dari meja atau kursi. Meskipun terkadang bayi terlihat kebingungan dalam mengubah posisinya untuk duduk. Bayi akan terlihat menjatuhkan diri dan kemudian berusaha untuk berdiri kembali sambil berpegangan. Perlahan-lahan bayi mampu berdiri tanpa pegangan dan mulai melangkahkan kakinya dengan berani.

Bayi mulai melangkah

Usia bayi sudah hampir menginjak 12 bulan dan kemampuan bayi dalam merambat semakin baik. Kini bayi sudah mulai berdiri sendiri dan siap untuk melangkahkan kakinya sendirian. Bayi akan berusaha untuk menjaga keseimbangan tubuhnya. Bantulah bayi untuk berdiri dan genggamlah tangannya kemudia mulai melangkah bersama. Secara perlahan biarkan bayi untuk berdiri dan berjalan sendiri tanpa sandaran. Perhatikanlah bagaimana ekspresi bayi yang terlihat berhati-hati ketika berusaha untuk berjalan dengan keseimbangan tanpa tumpuan. Setelah beberapa hari bayi akan mulai terbiasa dengan gerakan baru ini dan kemampuannya dalam melangkah secara perlahan akan berkembang lebih baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517