6 Penyebab Mulut Pahit Pada Waktu Hamil

Adanya pengaruh hormon selama masa kehamilan menyebabkan ibu hamil mengalami beberapa keluhan secara fisik dan mental. Setiap ibu hamil mungkin memiliki keluhan yang berbeda dalam menjalani kehamilan. Meskipun tidak membahayakan kehamilan, akan tetapi terkadang keluhan tersebut akan berdampak dan mengganggu kenyamanan pada waktu hamil. Salah satu keluhan yang seringkali dirasakan oleh ibu hamil yaitu mulut pahit.

Mulut terasa pahit biasanya dirasakan oleh ibu hamil pada trimester pertama. Keluhan tersebut menyebabkan ibu hamil kehilangan nafsu makan sehingga sangat beresiko akan berdampak buruk terhadap perkembangan janin di dalam kandungan. Mulut terasa pahit biasanya disebabkan oleh mual dan muntah akibat dari gejala morning sickness pada awal-awal kehamilan.

Berikut Penyebab Mulut Pahit Pada Waktu Hamil

Pada trimester pertama ibu hamil sering merasakan keluhan mual dan muntah atau yang biasa disebut dengan gejala morning sickness. Gejala tersebut tidak jarang menimbulkan permasalahan yang lain seperti mulut pahit. Namun kondisi tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta memperhatikan pola makan setiap harinya.

Adapun penyebab mulut pahit waktu hamil yaitu sebagai berikut:

  1. Terkena penyakit lambung

Salah satu penyebab mulut pahit waktu hamil yaitu adanya penyakit lambung. Gangguan pada lambung biasanya akan menyebabkan asam lambung naik dan muntah. Kondisi tersebut tentunya akan membuat lidah ibu hamil terasa pahit sehingga kehilangan nafsu makan.

  1. Masalah gigi dan mulut

Kebersihan gigi dan mulut pada waktu hamil sangat penting untuk dijaga. Jika terjadi gigi berlubang ataupun radang gusi maka akan mengakibatkan mulut terasa pahit yang mengganggu kenyamanan pada waktu hamil.

  1. Kekurangan asupan vitamin

Para ahli kesehatan sangat menganjurkan ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral pada waktu hamil. vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Disamping itu, kekurangan vitamin pada waktu hamil bisa menyebabkan keluhan seperti mulut terasa pahit. Terutama jika ibu hamil kekurangan asupan vitamin B12 dan zinc (seng).  Untuk mengatasi hal tersebut sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kedua jenis nutrisi tersebut.

  1. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon atau penurunan estrogen pada umumnya terjadi pada ibu hamil dan menyebabkan mulut terasa pahit. Ketidakseimbangan hormon terebut akan mengakibatkan indera pengecap bermasalah. Kondisi seperti ini bersifat wajar dan tidak membahayakan. Namun tetap saja harus segera ditangani supaya tidak mengganggu asupan nutrisi untuk perkembangan janin.

Nah, itulah beberapa penyebab mulut terasa pahit pada waktu hamil. Salah satu solusi untuk mengatasi mulut pahit yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa asam alami seperti buah-buahan. Dengan begitu akan menstimulus lidah untuk memproduksi air liur sehingga secara prlahan menghilangkan rasa asam. Namun jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik dan nafsu makan semakin terganggu, maka segera berkonsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This