6 Penyebab Anak Susah Makan

Hai bunda, pada kesempatan ini kami akan membahas persoalan mengenai penyebab anak susah makan, dan anak susah makan merupakan kendala yang banyak di alami oleh setiap bunda. Betapa bahagianya hati seorang bunda ketika melihat anaknya yang memang masih berumur 5-7 bulan menyantap makanannya dengan sangat lahap. Sama halnya ketika si kecil sudah mulai diperkenalkan dengan nasi tim yang di blender bunda.

Akan tetapi, ketika si kecil mulai memasuki usia 11-12 bulan hingga usia si kecil mencapai 3 tahun, kebahagiaan bunda melihat lahapnya si kecil makan akan sirna. Si kecil yang pada awalnya sangat lahap menyantap makanannya, mendadak menjadi sangat sulit untuk makan, dan anak susah makan nasi. Dan sesabar apapun bunda menyuapi si kecil, biasanya acara makan seakan menjadi ajang untuk “pertengkaran”. Ada saja ulah yang kerap di lakukan oleh si kecil, dari yang selalu menolak untuk menyantap makanan dengan menutup mulutnya, sampai menyemburkan kembali makanan yang sudah berhasil masuk kedalam mulut.

anak tidak mau makan

Hal ini tentunya membuat bunda menjadi cemas dan wawas. Lebih-lebih sebagai akibat anak tidak mau makan, berat badan si kecil menjadi turun dan sangat susah untuk naik kembali. Padahal di usianya yang saat ini, si kecil sangat membutuhkan asupan gizi yang banyak di bandingkan ketika si kecil masih bayi.

Nah, di bawah ini ada beberapa alasan mengapa si kecil susah untuk makan. Yaitu sebagai berikut:

  1. Tak pernah benar-benar lapar

Tidak heran jika mekanan yang terdiri dari tiga kali makanan utama dan dua kali makanan selingan bisa membuat si kecil cepat kenyang. Jadi ketika waktu makan si kecil tiba, maka si kecil belum benar-benar merasakan lapar. Ditambah lagi rutinitas makan serta minum susu yang bisa membuat si kecil menjadi bosan.

  1. Mulai punya selera terhadap rasa

Hal ini kerap di lupakan oleh sebagian besar orangtua, terutama bunda, di usia batita ini rasa ingin tahu si kecil semakin besar. Si kecil sudah mulai memiliki selera makan sendiri. Dan itulah sebabnya mengapa bunda tidak boleh menyamakan makanan si kecil di usia ini dengan makanan bayi yang rasanya tawar. Tidak ada salahnya jika bunda ingin memberikan sejumlah rasa tertentu yang memang di sukai oleh si kecil. Hal ini bunda lakukan agar selera makan si kecil bisa kembali.

  1. Bosan tekstur yang halus dan campur aduk

Rasa bosan juga bisa si kecil rasakan dari tektur makanan yang setiap saat ia konsumsi. Bukan tidak mungkin kalau si kecil merasa bosan dengan makanan yang lunak yang memang di campuradukan dengan sejumlah makanan lainnya seperti ia masih bayi. Dengan begitu, bunda harus lebih cerdik dalam menyiasati olahan juga penyajian makanan untuk si kecil. Bunda bisa memvariasaikan makanan yang akan di hidangkan untuk si kecil, agar si kecil tetap menyukai makanan yang bunda hidangkan.

  1. Munculnya sikap negativistik

Sikap negativistik yang menjadi ciri pada anak usia batita diantaranya yaitu penolakan yang diberikan si kecil terhadap rutinitas yang selama ini di wajibkan untuk di lakukan si kecil. Akan tetapi, karena khawatir gizi si kecil tidak bisa terpenuhi, maka biasanya bunda akan semakin keras memaksa si kecil untuk makan. Padahal cara tersebut merupakan cara yang salah dan harus bunda hindari.

  1. Mulai cari perhatian

Si kecil biasanya mulai mencari perhatian, dan biasanya ditunjukkan ketika si kecil dengan lahapnya memakan makanan yang di berikan oleh pengasuh, sementara jika di suapi oleh bunda si kecil malah jual mahal.

  1. Mulai eksplorasi ke mana-mana

Ketika si kecil mulai berjalan, biasanya si kecil akan lebih mengutamakan kegiatannya dalam mengeksplorasi daripada acara makannya. Bunda bisa melihat caranya dalam bermain yang memang disertai dengan memanjat, berjalan, berlari seolah ia tidak pernah merasakan lelah. Maka tidak heran jika acara makannya dianggap sebagai kegiatan yang dapat membuang-buang waktu banyak.

Dan itulah beberapa penyebab anak susah makan yang memang menjadi satu kendala para ibu. Ketika bunda menghadapi si kecil yang seperti ini, maka setidaknya bunda harus menjadi bunda yang lebih cermat dalam memperhatikan asupan gizi si kecil juga memberikan kreasi dalam makanan yang akan bunda berikan kepada si kecil. Bangkitkan kembali selera makan si kecil, agar si kecil mendapatkan asupan gizi yang baik.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517