6 Pemicu Bayi Lahir Kekurangan Oksigen

Setiap orangtua tentunya mengharapakan proses kelahiran yang normal dan bayi terlahir sehat. Namun terkadang dalam beberapa kondisi terjadi gangguan, baik itu dalam proses persalinan ataupun pada bayi. Salah satu gangguan kelahiran pada bayi yaitu kekurangan oksigen. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa membahayakan keselamatan dan perkembangan bayi.

Kekurangan oksigen akan berakibat fatal jika tidak segera mendapatkan penanganan dengan benar. Perlu Anda ketahui bahwa kekurangan oksigen bisa menyebabkan cedera pada otak, autis dan epilepsi. Dalam tahap perkembangannya bayi yang mengalami kondisi tersebut cenderung tidak memiliki keseimbangan dan koordinasi tubuh yang baik.

Namun sebelum Anda menelusuri bahayanya, alangkah lebih baiknya jika mengetahui penyebab kekurangan oksigen terlebih dahulu. Dengan begitu akan menjadi suatu kewaspadaan bagi Anda untuk mencegah terjadinya hal tersebut.

Adapun Penyebab Bayi Baru Lahir Kekurangan Oksigen

  1. Tali pusat mencekik leher

Salah satu penyebab bayi baru lahir kekurangan oksigen yaitu tercekik tali pusat. Kondisi tersebut terjadi ketika posisi bayi hendak turun dan tali pusat melilit di leher. Dalam hal ini perlu mendapatkan pemantauan dari tim medis sebab tali pusat yang melilit di leher mengakibatkan janin kesulitan untuk memperoleh oksigen.

  1. Tali pusat terbelit

Ketika proses persalinan berlangsung maka tali pusat akan terpelintir sesuai dengan posisi bayi. Posisi tersebut akan membahayakan janin sebab pasokan oksigen akan sangat minim. Jika berlangsung terlalu lama maka akan mengancam keselamatan bayi.

  1. Ketuban pecah dini

Ketuban pecah sebelum waktu persalinan salah satunya diakibatkan oleh kehamilan lewat waktu. Ketuban pecah sebelum waktunya akan membuat plasenta terganggu sehingga terjadi hambatan dalam proses terjadinya pertukaran oksigen.

  1. Bayi sulit lahir

Ada kondisi dimana bayi kesulitan keluar pada waktu lahir. Terjebaknya janin di dalam kandungan dalam posisi ketuban sudah pecah sangat beresiko menyebabkan kekurangan oksigen. Dalam hal ini diperlukan tindakan cepat dari tim medis untuk menyelamatkan bayi dan juga sang ibu.

  1. Riwayat penyakit

Ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tertentu seperti hipertensi, penyakit jantung dan diabetes. Kondisi kesehatan ibu hamil yang terganggu menjadi pemicu utama bayi kekurangan oksigen pada waktu lahir. Terlebih lagi jika kondisi ibu hamil semakinmemburuk menjelqang proses peralinan.

  1. Konsumsi obat-obatan selama hamil

Ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangan dan kesehatan janin. Nah, inilah yang menjadi penyebab bayi kekurangan oksigen pada waktu terlahir.

Itulah beberapa penyebab bayi lahir kekurangan oksigen yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui faktor penyebabnya maka akan menjadi suatu kehati-hatian bagi Anda untuk mencegah terjadinya kondisi buruk tersebut. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This