6 Manfaat Musik Klasik Bagi Bayi Dalam Mengoptimalkan Perkembangannya

Musik bisa diperdengarkan pada bayi sejak masih di dalam kandungan. Tujuannya tidak lain yaitu untuk menstimulus dan mengoptimalkan perkembangan indera pendengaran bayi. Pada waktu memasuki trimester kedua, perkembangan janin berlangsung dengan sangat cepat. Janin di dalam kandungan sudah memiliki kemampuan untuk mendengar suara dari luar kandungan. Janin mulai merasakan keadaan lingkungan sekitar melalui pendengarannya. Seiring dengan berkembangnya kemampuan janin, Anda bisa menstimulus dengan musik. Manfaat musik untuk janin sangat banyak, salah satunya yaitu untuk mengoptimalkan perkembangannya, terutama indera pendengaran.

Manfaat musik bagi bayi tidak hanya untuk kesehatan fisik saja, namun musik yang diperdengarkan pada bayi akan memberikan dampak positif terhadap mental dan perkembangan kognitif. Salah satu jenisĀ  musik yang sangat baik untuk bayi yaitu musik klasik. Alunan nada yang lembut akan membuat bayi merasa tenang dan nyaman sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi.

BerikutĀ 6 Manfaat Musik Klasik Bagi Tumbuh Kembang Bayi

  1. Menstimulus perkembangan otak

Salah satu manfaat musik klasik bagi bayi yaitu untuk menstimulus perkembangan otak. Musik yang diperdengarkan pada bayi akan menstimulus pertumbuhan sel otak. Alunan nada yang lembut mampu menstimulus bagian inovatif anak sehingga anak akan tumbuh sangat cerdas dan menjadi pribadi yang unggul.

  1. Mengoptimalkan kemampuan motorik

Irama dari musik yang Anda perdengarkan pada bayi akan membuat bayi terstimulus untuk banyak bergerak. Kondisi tersebut sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan perkembangan fisik, koordinasi dan kontrol motorik bayi. Semakin bayi banyak bergerak maka hal tersebut menunjukan bahwa perkembangan motorik bayi berlangsung secara optimal.

  1. Menstimulus pendengaran bayi

Musik klasik yang diperdengarkan pada bayi sangat bermanfaat dalam menstimulus dan mengoptimalkan indera pendengarannya. Perhatikan ekspresi wajah dan gerakan-gerakan tubuh si kecil pada waktu Anda memperdengarkan musik. Gerakan-gerakan tersebut menunjukan bahwa indera pendengaran bayi berfungsi dengan baik dan bayi dalam keadaan sehat. Musik yang diperdengarkan secara rutin sangat berguna untuk melatih dan meningkatkan fungsi indera pendengaran bayi.

  1. Membangun kecerdasan emosional

Perlu Anda ketahui bahwa memperdengarkan musik pada bayi tidak hanya bermanfaat untuk perkembangan otak, akan tetapi musik juga bermanfaat untuk mengontrol kecerdasan emosional. Hal ini karena musik klasik memberikan efek tenang dan nyaman pada bayi.

  1. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi pada bayi

Musik akan merangsang perkembangan otak bayi terutama dalam hal berkomunikasi atau menerima informasi. Musik akan meningkatkan kemampuan anak dalam hal berbahasa karena dengan mendengarkan musik maka perlahan-lahan bayi akan mengenali kosa kata. Dampak jangka panjang musik bagi perkembangan bayi yaitu akan membentuk karakter yang memiliki kemampuan cepat tanggap dalam memecahkan suatu permasalahan.

  1. Membantu perkembangan bayi prematur

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa musik klasik sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan bayi prematur. Dengan memperdengarkan musik klasik secara teratur maka akan membantu mempercepat bertambahnya berat badan pada bayi prematur. Hal ini karena efek tenang dari alunan nada sebuah lagu akan membuat bayi merasa lebih nyaman sehingga banyak energi yang dimanfaatkan untuk menambah berat badan.

Demikian 6 manfaat musik klasik bagi perkembangan bayi. Dalam memperdengarkan musik untuk bayi sebaiknya Anda mengatur volume sehingga tidak terlalu kerasa atau terlalu rendah. Hal ini untuk menjaga fungsi pendengaran bayi karena masih sangat sensitif terhadap suara yang terlalu keras.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517