6 Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Wanita

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Kopi sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau disajikan ketika sarapan pagi. Bahkan kopi sering dijadikan sebagai obat anti-ngantuk. Dari satu sisi seringkali banyak orang yang berpikir bahwa kopi tidak baik untuk kesehatan karena mengandung kafein. Namun, tahukah Anda ternyata manfaat kopi bagi kesehatan sangat luar biasa.

Manfaat kopi bagi tubuh salah satunya yaitu sebagai antioksidan. Menurut beberapa riset menyatakan bahwa orang yang mempunyai kebiasaan minum kopi secara teratur memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit yang berbahaya. Nah, pada kesempatan ini penulis akan mengulas tentang manfaat minum kopi bagi wanita.

Beberapa Manfaat Minum Kopi Bagi Kesehatan Wanita

  1. Mencegah stres

Salah satu manfaat minum kopi bagi wanita yaitu untuk mencegah stres dan depresi. Dalam sebuah riset menunjukan bahwa wanita yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi 1 – 2 gelas kopi setiap hari maka akan terhindar dari resiko stres. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena aroma kopi berperan dalam mengurangi stres sebab memicu aktivitas gen yang melindungi sel-sel saraf. Namun, konsumsi kopi tidak boleh lebih dari 2 cangkir setiap harinya.

  1. Melawan depresi

Dalam sebuah riset membuktikan bahwa minum kopi secara teratur dapat meminimalisir resiko depresi pada wanita. Namun dalam hal ini yang perlu Anda perhatikan adalah penambahan gula. Hindari gula yang terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan penyakit berbahaya seperti diabetes.

  1. Menjaga kesehatan hati

Manfaat kopi bagi kesehatan wanita yang selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan hati. Menurut pakar kesehatan mengemukakan bahwa minum kopi secara teratur dapat menurunkan resiko penyakit sirosis, kanker hati ataupun gagal hati.

  1. Untuk menjaga berat badan ideal

Bagi Anda yang mengalami masalah dalam berat badan, kopi bisa menjadi salah satu solusi untuk menurunkan kelebihan berat badan. Kandungan kafein kopi memiliki kemampuan dalam menekan nafsu makan sehingga dengan begitu pola makan Anda lebih teratur.

  1. Menurunkan resiko Parkinson dan Alzheimer

Wanita yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kopi secara teratur akan berdampak terhadap tingkat konsentrasi sehingga memperlambat terjadinya penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer.

  1. Menekan resiko diabetes tipe II

Mengkonsumsi kopi rendah gula sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes tipe II pada wanita. Hal ini karena kandungan magnesium dan kromium pada kopi mampu menekan dan menyeimbangkan kadar gula darah.

  1. Menangkal resiko kanker kulit

Kebiasaan minum kopi secara teratur setiap harinya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit wanita. Hal ini karena kopi memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

Nah, demikian beberapa manfaat kopi bagi kesehatan wanita. Anda tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi kopi, namun dengan catatan yaitu harus teratur. Maksimal setiap harinya hanya dianjurkan sebanyak 2 gelas saja.

Related Posts

Share This