6 Manfaat Luar Biasa Pijat Untuk Bayi

Pijat adalah salah satu cara yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang pada umumnya untuk mengatasi kelelahan ataupun pegal-pegal. Ternyata pijat tidak hanya bermanfaat untuk orang dewasa, akan tetapi pijat juga sangat berguna untuk perkembangan bayi. Salah satu manfaat pijat bayi yaitu untuk mengurangi rasa sakit, memperkuat otot-otot dan membuat si kecil tidur nyenyak.

Memijat bayi tentunya memberikan manfaat yang luar biasa. Pijatan lembut dari seorang ibu akan menurunkan hormone kortisol (penyebab stres) pada bayi. Dengan begitu pertumbuhan dan perkembangan bayi akan senatiasa berjalan lancar tanpa ada gangguan. Selain itu, pijatan lembut sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menstimulus motorik si kecil.

Berikut Manfaat Pijat Untuk Bayi

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Salah satu manfaat pijat bayi yaitu untuk meningkatkan sistem imun si kecil. Menurut sebuah research membuktikan bahwa aktivitas memijat bayi dapat meningkatkan produksi sela darah putih yang berperan penting dalam melawan bakteri dan virus penyakit.

  1. Melatih respon sistem saraf

Menurut pakar kesehatan mengungkapkan bahwa tekanan dan pijatan yang diberikan pada bayi dengan cara yang tepat akan berdampak positif terhadap sistem saraf si kecil. Kegiatan tersebut berguna untuk melatih respon saraf bayi.

  1. Mempererat hubungan batin antara ibu dan bayi

Sentuhan lembut, kontak fisik serta kontak mata antara ibu dan bayi yang sering terjadi akan mempererat hubungan batin. Dengan begitu si kecil akan merasa nyaman sehingga bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

  1. Meningkatkan nafsu makan bayi

Menurut dokter spesialis anak, pijat bayi akan berdampak positif terhadap penyerapan nutrisi dari ASI sehingga si kecil lebih mudah lapar dan sering menyusu. Dengan begitu maka Anda tidak perlu khawatir kalau si kecil akan kekurangan nutrisi.

  1. Meningkatkan berat badan bayi

Nafsu makan yang meningkat akan berdampak positif terhadap perkembangan dan bobot tubuh bayi. Dengan begitu si kecil akan tumbuh dengan bobot tubuh ideal sesuai dengan tahapan usianya.

  1. Meningkatkan kualitas tidur si kecil

Manfaat lain dari pijat bayi yaitu untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas tidur si kecil. Dengan melakukan pemijatan maka si kecil akan merasa lebih rileks dan memperlancar aliran darah. Kondisi tersebut tentunya akan membuat bayi lebih nayaman dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

  1. Mengatasi kolik

Kolik biasanya diakibatkan oleh perut kembung atau penumpukan gas di dalam perut. Dengan melakukan pemijatan secara lembut maka akan menjadi solusi tepat untuk mengatasi hal tersebut. Bayi akan merasa lebih rileks dan secara perlahan gas di dalam perutnya akan berkurang.

Nah, itulah manfaat yang luar biasa dari pijat untuk bayi. Lakukan pemijatan secara perlahan dan lembut supaya si kecil merasa lebih nyaman. HIndari area-area tertentu ketika memijat bayi seperti bagian ubun-ubun, leher, tungkai, pangkal pah dan lengkungan pada lengan.

Related Posts

Share This