6 Manfaat Kulit Kentang Untuk Si Kecil

Manfaat kulit kentang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya sehingga seringkali kulit kentang dikupas lalu dibuang. Seperti yang kita ketahui bahwa kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai penganan lezat. Namun disamping itu, ternyata kulit kentang juga mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk kesehatan si kecil.

Kulit kentang mengandung zat-zat penting bagi si kecil seperti vitamin C, serat, kalium, zinc, zat besi, mangan, vitamin B6 serta folat. Sekitar 20% nutrisi yang terdapat pada kentang ternyata terletak pada bagian kulitnya. Sehingga tidak mengherannkan jika membuang kulit kentang pada saat mengolahnya berarti membuang sebagian nutrisinya.

Berikut Manfaat Sehat Kulit Kentang

  1. Sumber Alami Kalium

Seperti halnya buah pisang, bagian kulit kentang merupakan sumber kalium alami yang sangat bagus. Mengkonsumsi 1 butir kentang dengan kulitnya maka akan memperoleh kalium sekitar 1600 atau setengah dari kebutuhan kalium harian. Manfaat kalium untuk anak yaitu menjaga kesehatan organ ginjal, jantung, sistem saraf dan otot tubuh.

  1. Serat

Kulit kentang kaya akan kandungan serat sekitar 2 gram per ons. Manfaatnya untuk si kecil yaitu membuat kenyang lebih lama, mencegah diabetes, kolesterol, menurunkan resiko penyakit jantung dan memperlancar pencernaan.

  1. Sumber Vitamin C

Kulit kentang mengandung vitamin Cyang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penyakit. Bahkan vitamin C berperan dalam meningkatkan imun tubuh.

  1. Kaya Akan Kandungan Vitamin B6

Manfaat vitamin B6 yaitu untuk memelihara kesehatan dan kinerja sistem kardiovaskuler, sistem imun dan pencernaan. Dalam 1 buah kentang serta kulitnya memiliki kandungan vitamin B6 sekitar 46%.

  1. Mangan

Mangan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya yaitu untuk pengolahan karbohidrat, kolesterol dan protein. Mengkonsumsi 1 buah kentang beserta kulitnya mencukupi sepertiga kebuthuhan mangan harian.

  1. Sumber Alami Folat, Zinc dan Zat Besi

Kulit kentang mengandung folat, zinc dan zat besi yang berguna untuk kesehatan tubuh. Zat besi berguna untuk membantu pembentukan hemoglobin, zinc berperan dalam sistem pencernaan dan metabolisme tubuh si kecil. Sedangkan folat berguna untuk mernjaga kesehatan mata si kecil.

Kentang bisa diolah dengan cara dikukus, digoreng ataupun dipanggang. Namun sebaiknya lhindari memberikan kentang goreng terlalu sering untuk si kecil karena bisa beresiko terhadap kesehatan tubuhnya. Lebih baik berikan kentang yang dikukus karena terbebas dari lemak dan minyak.

Disamping itu, kentang bisa diolah dengan cara dipanggang dengan olesan margarine. Kentang bisa juga diberikan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat. Kentang bisa mulai diperkenalkan pada anak sejak mendapatkan MPASI karena teketurnya lembut dan mudah untuk dicerna.

Related Posts

Share This