6 Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Brokoli seringkali disebut dengan istilah super food karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Brokoli sangat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk tubuh. Beberapa riset membuktikan bahwa manfaat brokoli hijau yaitu sebagai senyawa anti kanker dan juga berkhasiat untuk mencegah gangguan pernapasan seperti asma.

Kandungan nturisi pada brokoli diantaranya yaitu vitamin C, serat, antioksidan, asam folat, provitamin A, karotenoid dan berbagai macam mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat brokoli untuk ibu hamil yang paling utama yaitu diperoleh dari kandungan asam folat. Seperti yang kita ketahui bahwa asam folat sangat berguna untuk mengoptimalkan perkembangan janin. Kekurangan asam folat sangat beresiko mengakibatkan janin terlahir sebelum waktunya atau lahir cacat.

Manfaat Brokoli Hijau Untuk Kesehatan Ibu Hamil

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat brokoli untuk kesehatan ibu hamil yang pertama yaitu untuk meningkatkan sistem imun. Brokoli mengandung selenium dan beta karoten yang sangat berguna untuk melawan zat asing penyebab penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh selama hamil sangat penting karena hal ini menunjang perkembangan janin. Jika ibu hamil sakit maka sangat beresiko mengakibatkan perkembangan janin terganggu.

  1. Anti depresi

Brokoli mengandung asam folat dan vitamin B yang berguna untuk mencegah dan mengurangi depresi selama menjalani kehamilan. Kekurangan asupan asam folat bisa mengakibatkan ibu hamil mudah lelah dan stres. Disamping itu perkembangan janin akan terganggu sehingga beresiko terjadi kelahiran secara prematur. Konsumsilah brokoli secara teratur dengan porsi secukupnya sehingga akan memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan janin

Kandungan nutrisi yang sangat lengkap pada brokoli bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebaln tubuh janin selama di dalam kandungan. Vitamin dan kalsium yang terkandung di dalamnya juga berguna untuk mengoptimalkan pembentukan tulang dan gigi.

  1. Mencegah penyakit jantung

Kandungan karotenoid lutein pada brokoli berperan penting dalam menghambat dan mencegah penyakit jantung. Disamping itu kandungan vitamin B6 pada brokoli berkhasiat untuk menekan resiko penyakit radang pembuluh darah selama masa kehamilan.

  1. Anti kanker

Sayuran hijau seperti brokoli mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Antioksidan tersebut berguna untuk melawan serangan zat asing dari luar tubuh sehingga menghambat dan menekan resiko penyakit kanker.

  1. Melindungi sistem saraf

Brokoli memiliki kandungan kalium yang berguna untuk mengoptimalkan kinerja kalsium untuk tulang. Namun disamping itu, kalium juga berperan penting dalam menjaga dan melindungi sistem saraf serta pertumbuhan otot pada ibu hamil.

Selain untuk kesehatan organ dalam, brokoli juga memiliki senyawa dan nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit ibu hamil dan membantu melancarkan program diet sehat pada waktu hamil. Oleh karena itu bagi para ibu hamil sebaiknya jangan ragu-ragu untuk menambahkan sayuran yang satu ini pada menu makan selama menjalani masa kehamilan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517