6 Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil Yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin Anda sering merasakan sensai segar dari bengkoang ketika membeli jajanan rujak. Buah yang satu ini memang sangat identik digunakan untuk campuran jajanan tersebut. Nah, pada saat hamil biasanya rujak menjadi buruan pada ibu hamil untuk menghilangkan gejala mual dan muntah. Selain rasanya yang menyegarkan, bengkoang juga memiliki manfaat yang luar biasa karena mengandung vitamin dan mineral. Kandungan vitamin C sebagai antioksidan merupakan salah satu manfaat bengkoang untuk ibu hamil.

Bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung sumber vitamin dan mineral tinggi dalam menunjang tumbuh kembang janin. Nah, kebutuhan nutrisi tersebut bisa dipenuhi salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi bengkoang.

Berikut Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil Yang Wajib Anda Ketahui!

  • Sumber tenaga

Kandungan zat gula yang cukup tinggi pada bengkoang sangat berguna untuk sumber energi bagi ibu hamil. Anda tidak perlu khawatir karena gula pada bengkoang merupakan gula alami yang aman untuk kesehatan. Zat gula penting bagi ibu hamil dalam menghasilkan tenaga yang ditunjang oleh protein dan karbohidrat.

  • Pertumbuhan tulang janin

Manfaat bengkoang selanjutnya yaitu untuk menunjang pertumbuhan tulang janin. Hal ini karena bengkoang mengandung vitamin dan mineral penting seperti kalsium yang merupakan nutrisi penting untuk tulang. Asupan kalsium yang mencukupi sangat efektif untuk membantu pembentukan gigi janin. Namun dalam hal ini untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium, Anda harus mengimbanginya dengan sumber makanan yang mengandung vitamin D.

  • Menunjang perkembangan otot janin

Perlu Anda ketahui bahwa janin membutuhkan asupan vitamin dan mineral dalam kadar cukup tinggi untuk menunjang pembentukan sistem syaraf dan kerangka. Mengkonsumsi bengkoang bisa menjadi salah satu pilihan Anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut karena bengkoang mengandung kalsium. Dalam hal ini kandungan nutrisi pada bengkoang akan menunjang pertumbuhan syaraf, otot jantung serta beberapa bagian otot tubuh yang lainnya.

  • Memperlancar sirkulasi darah

Pada waktu hamil, seorang wanita membutuhkan jumlah darah cukup tinggi hal ini karena untuk menunjang kelangsungan asupan nutrisi untuk janin. Nah, jika sirkulasi darah baik maka hal ini tentunya akan menunjang kesehatan ibu hamil dan juga janin.

  • Mengatasi gangguan pencernaan

Masalah pencernaan kerap kali dialami oleh ibu hamil. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh hormone dan seiring dengan pertumbuhan janin di dalam kandungan yang mengakibatkan saluran cerna tertekan. Untuk mengatasi hal tersebut ternyata bengkoang bisa menjadi solusinya. Kandungan serat berupa inulin yang cukup tinggi berperan penting dalam mengatasi masalah pencernaan dan melancarkan fungsi usus. Disamping itu, zat tersebut akan melancarkan sirkulasi darah dalam saluran pencernaan.

  • Membantu pembentukan sistem saraf

Bengkoang mengandung folat yang berguna untuk membangun sistem syaraf pada janin di dalam kandungan. Nah, asupan folat yang mencukupi sangat berguna untuk mencegah bayi lahir cacat otak dan tulang belakang. Bengkoang disarankan untuk dikonsumsi pada tahap awal kehamilan.

Related Posts

Share This