6 Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil

Anda tahu bengkoang? Tentunya umbi-umbian yang satu ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Banyak orang yang menggunakan bengkoang sebagai ramuan herbal untuk menghaluskan kulit. Hal ini karena bengkoang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan. Disamping itu, manfaat bengkoang untuk ibu hamil ternyata sangat luar biasa. Bengkoang mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang tumbuh kembang janin.

Berikut Beberapa Manfaat Bengkoang Bagi Ibu Hamil

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Masa kehamilan merupakan masa-masa yang sangat rentan bagi seorang wanita. Dalam hal ini ibu hamil sangat rentan terinfeksi virus atau bakteri penyebab penyakit. Nah, maka dari itu ibu hamil harus senantiasa menjaga kesehatan selama hamil dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi. Bengkoang merupakan salah satu makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil karena mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengatasi Anemia

Penyakit anemia sangat rentan menyerang ibu hamil. Anemia sangat beresiko bagi ibu hamil karena bisa menyebabkan gangguan perkembangan janin dan kelahiran secara prematur. Bengkoang salah tu sumber makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah dan mengatasi penyakit anemia pada ibu hamil.

  1. Melancarkan pencernaan

Bengkoang memiliki kandungan serat cukup tinggi yang berguna untuk memperlancar saluran pencernaan. Keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil yaitu sembelit. Nah, dengan mengkonsumsi bengkoang secara rutin maka akan memmbantu mengatasi keluhan tersebut.

  1. Mencegah dehidrasi

Manfaat bengkoang bagi ibu hamil yang selanjutnya yaitu mencegah dehidrasi. Bengkoang memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melengkapi kebutuhan cairan pada waktu hamil. Bengkoang sangat cocok untuk dikonsumsi pada trimester awal kehamilan dalam mengatasi gejala morning sickness.

  1. Pertumbuhan gigi dan tulang

Menurut riset ahli gizi menyatakan bahwa bengkoang mengandung mineral penting seperti kalsium dan posfor. Mineral tersebut berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Disamping itu, kalsium bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil sehingga terhindar dari osteoporosis.

  1. Pembentukan sistem saraf janin

Bengkoang memiliki kandungan folat yang berguna untuk membantu pembentukan sistem saraf janin dan mencegah janin terlahir cacat. Asupan asam folat yang mencukupi akan mengoptimalkan perkembangan janin di dalm kandungan dan membantu mencerdaskan otaknya.

  1. Mengatasi sakit maag

Keluhan lain dalam kehamilan yang mengganggu kenyamanan ibu hamil yaitu sakit maag. Untuk mengatasi hal tersebut konsumsilah bengkoang secara teratur dengan porsi yang tepat. Bengkoang memiliki senyawa yang bisa meredakan dan mengontrol produksi asam lambung selama hamil.

Demikian khasiat bengkoang untuk ibu hamil. Bengkoang bisa dikonsumsi langsung tanpa harus diolah terlebih dahulu. Supaya lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan bengkoang dengan jenis buah yang lainnya atau dibuat rujak yang menyegarkan.

Related Posts

Share This