6 Langkah Efektif Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan

Radang tenggorokan atau sakit tenggorokan biasanya lebih sering terjadi ketika perubahan musim atau cuaca. Pada kebanyakan kasus, radang tenggorokan sering disertai dengan gangguan kesehatan lain seperti flu dan batuk. Radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus sehingga mengakibatkan iritasi.

Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan tentunya akan mengganggu kenyamanan kita dalam beraktivitas termasuk ketuika makan. Meskipun sakit tenggorokan bisa sembuh dengan sendirinya, akan tetapi sebaiknya gejala tersebut segera diobati supaya tidak mengganggu kenyamanan dan tidak menimbulkan permasalahan lain. Lantas bagaimana cara untuk mengatasi radang tenggorokan tersebut? Berikut ini penulis akan memaparkan solusi untuk mengatasi radang tenggorokan dengan cara yang sederhana tanpa harus melibatkan bantuan medis.

Sakit tenggorokan

6 Langkah Efektif Untuk Mengatasi Sakit Tenggorokan Dengan Cara Sederhana

  1. Mengkonsumsi madu

Madu memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi yang beragam pada madu berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Madu memiliki kemampuan untuk menghambat infeksi bakteri dan virus. Selain itu, madu sangat ampuh untuk mengobati iritasi pada tenggorokan.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Solusi terbaik untuk meredakan berbagai macam keluhan yaitu dengan beristirahat. Banyak beraktivitas akan menyebabkan tubuh kelelahan sehingga daya tahan tubuh akan melemah. Radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi virus dan bakteri terjadi karena sistem kekebalan tubuh melemah. Oleh karena itu, untuk mengatasi sakit tenggorokan alangkah lebih baiknya apabila Anda mencukupi waktu istirahat pada malam hari.

  1. Berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam

Cara sederhana untuk mengatasi sakit tenggorokan yaitu dengan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur garam. Garam berguna sebagai antiseptic dan merangsang keluarnya air dari membrane sel sehingga akan mengeluarkan lendir tempat bersarangnya virus pada tenggorokan. Anda bisa melakukan cara ini secara rutin dan teratur.

  1. Memperbanyak konsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih untuk sakit tenggorokan merupakan cara paling ampuh dan sangat mudah untuk dilakukan. Kebutuhan cairan tubuh yang tercukupi akan merangsang membrane mukus dalam menjaga kelembapan tenggorokan. Hal ini tentunya akan mencegah dan mengatasi infeksi bakteri pada tenggorokan.

  1. Mengkonsumsi teh

Ramuan herbal yang berkhasiat untuk mengatasi sakit tenggorokan yaitu air teh. Minuman herbal yang satu ini mengandung banyak antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas termasuk infeksi virus. Ketika sakit tenggorokan, the bisa dicampur dengan beberapa sendok madu. Ramuan herbal ini sangat ampuh untuk menghambat dan mengatasi pertumbuhan bakteri penyebabb iritasi pada tenggorokan.

  1. Minum antibiotik dengan anjuran dokter

Sakit tenggorokan yang tak kunjung sembuh sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah infeksi bakteri pathogen yang tidak bisa disembuhkan dengan cara biasa. Dokter biasanya akan memberikan antibiotic untuk meredakan iritasi pada tenggorokan. Hal yang perlu Anda ingat yaitu jangan mengkonsumsi antibiotic tanpa anjuran dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517