6 Langkah Efektif Untuk Mengatasi Anak Yang Pemalu

Anak pemalu cenderung tidak memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Anak pemalu biasanya membatasi diri sehingga perkembangan sosialnya terganggu. Pada dasarnya sifat pemalu pada anak bukan bagian dari proses perkembangannya, melainkan oleh pola asuh yang kurang tepat. Anak yang pemalu harus segera ditangani sejak dini supaya tidak mengganggu perkembangan psikologisnya di masa mendatang.

Mengatasi Anak Yang Pemalu

Ada Beberapa Langkah Untuk Mengatasi Anak Yang Pemalu

  1. Memberikan anak untuk bereksplorasi

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak sebaiknya Anda menerapkan pola asuh yang baik pada anak sejak masih bayi. Jangan menerapkan pola asuh yang terlalu mengekang pada anak sehingga tidak memiliki kebebasan untuk berinteraksi. Biarkan anak untuk bereksplorasi dengan lingkungan sekitar dengan catatan dalam pengawasan Anda.

  1. Bantu anak untuk menumbuhkan rasa percaya diri

Anak-anak yang pemalu biasanya tidak memiliki rasa percaya diri untuk bersosialisai dengan lingkungan sekitarnya. Dengan menumbuhkan rasa percaya diri maka secara perlahan sifat pemalu yang ada di dalam diri anak perlahan-lahan akan hilang.

  1. Motivasi dari orangtua

Salah satu hal yang paling penting untuk menghilangkan sifat pemalu pada anak yaitu dengan memberikan dukungan. Perlu Anda ketahui bahwa motivasi dari orangtua adalah modal dasar untuk membentuk dan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jangan pernah membuat anak merasa tertekan dan merasa terkucilkan. Berikan dukungan atau motivasi pada anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya.

  1. Ajarkan anak untuk bersosialisasi

Cara lain untuk mengatasi anak yang pemalu yaitu dengan mengajarkan cara bersosialisai yang baik dengan orang-orang disekitarnya. Anda bisa mengajak anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-temanya sehingga perlahan-lahan rasa percaya diri dan kemampuan anak untuk bersosialisai akan tumbuh.

  1. Jangan memberikan predikat negatif pada anak

Ketika anak Anda memiliki rasa pemalu sebaiknya jangan memberikan predikat atau menyebutnya sebagai orang yang pemalu. Hal ini akan membuat rasa percaya diri anak semakin menciut. Anak yang sering di sebut pemalu akan beranggapan bahwa dirinya adalah seorang pemalu sehingga hal ini akan berakibat buruk terhadap perkembangan psikologis anak. Alangkah lebih baiknya apabila Anda memberikan dukungan yang bersifat positif bagi anak sehingga anak lebih termotivasi untuk mengembangakn kemampuannya.

  1. Berikan pujian pada anak sebagai motivasi untuk anak

Berikan pujian pada anak ketika berhasil tampil dihadapan orang banyak. Pujian ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak sehingga mampu mengatasi sifat pemalu yang ada di dalam dirinya.

Sifat pemalu yang ada di dalam diri seorang anak harus segera diatasi karena bisa berdampak buruk terhadap perkembangan anak. Sifat pemalu akan menghambat bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak.

Related Posts

Share This