6 Kiat Aman Dalam Memberikan Obat Untuk Anak

Anak-anak pada usia batita sangat memerlukan peran Anda sebagai orangtua ketika sakit. Pada usia batita, anak-anak belum sepenuhnya bisa menceritakan apa yang sedang mereka rasakan. Anda sebagai orangtua harus memiliki tingkat kepekaan yang tinggi untuk mendeteksi kondisi kesehatan anak. Secara alami anak yang sedang sakit akan bersikap lebih manja dan bahkan terlihat tidak aktif.

Selagi anak-anak belum memiliki kemampuan berbicara dengan sempurna, mereka tidak bisa mendeskripsikan apa yang sedang mereka rasakan. Maka dari itu Anda harus mengetahui tanda-tanda kalau anak Anda sedang sakit dan segera lakukan penanganan dengan benar. Apabila Anda ingin memberikan obat untuk anak, sebaiknya minta saran dan resep dari dokter supaya tidak membahayakan kesehatan anak.

Memberikan Obat Untuk Anak

Perhatikan Kiat Memberikan Obat Yang Aman Bagi Anak Berikut Ini

Perlu Anda ketahui bahwa obat yang Anda berikan pada anak tidak akan bekerja dengan baik apabila tidak sesuai dosis yang seharusnya. Obat bisa membahayakan kesehatan anak apabila dosisnya kurang tepat. Dibawah ini ada beberapa kiat aman memberikan obat yang bisa Anda lakukan ketika anak sakit.

  1. Anda harus memahami dan mengetahui dosis obat yang akan diberikan pada anak. Pada dasarnya obat akan bermanfaat dan bekerja secara optimal apabila diminum sesuai dosis yang seharusnya. Anda harus berkonsultasi dengan dokter ketika memberikan obat untuk anak sehingga dengan begitu Anda akan mengetahui dosis yang aman.
  2. Apabila Anda mendapati intruksi dosis pada label obat dengan resep dari dokter berbeda, sebaiknya segera lakukan konfirmasi pada dokter dan minta resep yang lebih tepat.
  3. Berikan obat sesuai dengan anjuran dokter dan takaran yang tepat. Obat untuk anak biasanya di takar menggunakan sendok kecil atau sendok teh. Jangan memberikan obat melebihi takaran yang telah ditentukan oleh dokter. Hal ini bisa membahayakan dan memperparah kondisi kesehatan anak.
  4. Obat yang memiliki anjuran untuk di kocok sebaiknya ikuti petunjuk tersebut supaya mendapatkan hasil yang optimal ketika diberikan pada anak.
  5. Jangan pernah menghentikan pengobatan sebelum waktunya tanpa anjuran dari dokter. Sebagian orangtua biasanya menghentikan pemberian obat sebelum waktunya ketika melihat kondisi kesehatan anak yang membaik. Perlu Anda ketahui bahwa pengobatan harus dilakukan sampai tuntas meskipun kondisi anak sudah terlihat sehat. Obat yang diberikan dokter harus dihabiskan karena obat tersebut diberikan sudah sesuai resep dan perhitungan untuk menyembuhkan dan memulihkan kondisi tubuh anak.
  6. Anda harus memahami jenis makanan yang bisa melemahkan khasiat obat. Sebagian orangtua biasanya mencampurkan obat dengan makanan tertentu supaya anak-anak menyukainya. Akan tetapi sebelum melakukan hal tersebut Anda perlu memahami konsep makanan yang bisa melemahkan kinerja obat. Salah satu contohnya yaitu khasiat obat akan berkurang apabila di campur dengan sari buah atau susu.

Nah, itulah kiat aman dalam memberikan obat untuk buah hati Anda. Konsultasi dengan dokter serta mengikuti resep dokter merupakan cara terbaik dan paling aman ketika memberikan obat untuk anak-anak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517