6 Keuntungan Membuat Sendiri Makanan Bayi Di Rumah

Makanan adalah salah satu faktor yang menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Makanan sehat dan bergizi akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Anak-anak yang mendapat asupan makanan bergizi cenderung lebih mudah untuk beradaptasi dengan tekstur makanan sehingga perkembangan fisik dan mentalnya tidak terhambat.

Pada zaman sekarang banyak orangtua yang lebih memilih untuk memberikan makan instan pada bayi dengan alasan lebih praktis dan tidak repot. Namun perlu Anda ketahui bahwa makanan instan yang disajikan untuk bayi belum tentu sehat dan terjamin kandungan gizinya. Berbeda dengan makanan bayi yang Anda buat sendiri di rumah, lebih terjamin dari segi keamanan, kebersihan dan kandungan nutrisinya.

Keuntungan Membuat Sendiri Makanan Bayi

  1. Memiliki kendali penuh

Salah satu keuntungan membuat sendiri makanan bayi di rumah yaitu Anda sepenuhnya memiliki kendali untuk menentukan jenis makanan yang akan dikonsumsi oleh bayi. Anda bisa mengontrol asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi di setiap tahap perkembangannya. Dengan begitu, Anda lebih mengetahui mana yang terbaik untuk si kecil dan bisa menerapkan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat pada anak sejak dini.

  1. Bebas dari zat aditif dan lebih bergizi

Makanan instan untuk bayi biasanya mengandung zat aditif yang tidak dibutuhkan. Bahkan sebagian zat yang terkandung di dalam makanan instan bisa melarutkan nutrisi sehingga yang diserap oleh tubuh bayi tidak optimal. Keuntungan memasak sendiri makanan bayi tentunya Anda bisa memastikan dan memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan.

  1. Menanamkan kebiasaan makan sehat pada anak

Menyajikan makanan sehat sejak dini sangat bermanfaat untuk mengajarkan kebiasaan baik bagi si kecil. Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan makan yang tidak baik akan berdampak negatif terhadap kesehatan dan menimbulkan berbagai macam penyakit. Maka dari itu, Anda sebaiknya mulai mengubah pola pikir dan kebiasaan dalam memberikan asupan nutrisi untuk si kecil. Sempatkanlah waktu sejenak di sela-sela kesibukan untuk membuat sendiri makanan sehat untuk si kecil.

  1. Lebih variatif
Baca Juga:  Awas Bunda! Sembelit Pada Bayi Bisa Terjadi

Makanan instan untuk bayi biasanya kurang variatif sehingga tidak sepenuhnya bisa mencukupi kebutuhan gizi si kecil. Perlu Anda ketahui bahwa variasi merupakan salah satu kunci menu seimbang. Hal tersebut merupakan inti dari makanan sehat dan bergizi. Semakin variatif menu makanan maka kandungan nutrisinya semakin lengkap. Selain itu, menu makanan yang lebih variatif akan meningkatkan nafsu makan si kecil.

  1. Mudah dan hemat

Banyak yang beranggapan bahwa membuat sendiri makanan bayi itu sulit. Padahal sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan jika Anda mengetahui aturan yang benar. Selain itu, keuntungan lainnya yaitu lebih hemat karena kita bisa mengontrol bahan yang dibutuhkan.

  1. Lebih enak dari makanan cepat saji

Makanan instan memang praktis untuk disajikan, namun rasa dan aromanya jauh berbeda dengan makanan yang dibuat sendiri. Cita rasa dan aromanya lebih segar dan alami sehingga membuat si kecil tidak mudah merasa bosan. Biasanya makanan instan mengandung pemanis atau bahkan pewarna buatan yang bisa membahayakan kesehatan bayi. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat sendiri sajian menu makanan untuk bayi.

Demikian keuntungan yang bisa diperoleh dari membuat sendiri makanan bayi di rumah. Berikan makanan untuk si kecil dengan penuh kasih sayang dan pahami semua kebutuhan nutrisi di setiap tahap perkembangannya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517