6 Kesalahan Umum yang Wajib Diketahui Saat Mandi

Mandi, merupakan satu bentuk aktivitas yang kerap di lakukan setiap hari bahkan setiap saat. Walaupun mandi di anggap sebagai rutinitas yang biasa, namun pada kenyataannya orang-orang masih kerap melakukan kesalahan ketika mereka tengah mandi. Bahkan beberapa kesalahan yang di lakukan ini bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Kesalahan Umum Saat Mandi

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda akan melakukan rutinitas harian ini, agar rutinitas harian Anda ini tetap bisa menyenangkan juga menyehatkan tubuh. Dan berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika Anda tengah mandi, yaitu sebagai berikut:

  1. Setiap hari keramas

Tidak sedikit orang yang beranggapan, kalau rambut akan bertambah bersih, sehat dan segar ketika sering berkeramas. Namun pada kenyataannya, ketika kita sering berkeramas, maka keadaan rambut akan kering dan terlihat kusam.

Hal ini dikarenakan adanya aktivitas sampo yang memang memiliki sifat seperti mengurangi kandungan minyak alami yang ada di dalam rambut, sehingga hal ini menyebabkan kulit kepala mampu menghasilkan minyak alami lebih banyak lagi yang dikeluarkan oleh rambut yang bertujuan sebagai respon kompensasi.

Ini karena aktivitas sampo sebenarnya memiliki sifat mengikis minyak alami dari rambut Anda, sehingga kulit kepala kemudian akan memproduksi lebih banyak minyak alami rambut sebagai respons kompensasi. Lebih baik Anda berkeramas selama tiga (3) kali dalam satu minggu, itu akan jauh lebih baik daripada Anda berkeramas setiap hari.

  1. Mandi dengan menggunakan air hangat

Bukan hanya itu, ternyata banyak juga orang yang lebih suka untuk mandi dengan menggunakan air hangat, terutama ketika mereka telah melakukan aktivitas di luar rumah. Padahal tanpa mereka ketahui, aktivitas ini justru bisa membuat kulit dan rambut menjadi kering jika di lakukan setiap hari, bahkan bisa membuat pori-pori leih terbuka, sehingga Anda akan lebih rentan terkena bakteri juga kotoran.

  1. Menggosok-gosok rambut dengan handuk

Setelah Anda berkeramas, agar rambut Anda cepat kering biasanya Anda akan menggosok-gosok rambut dengan menggunakan handuk, bukan? Memang benar, dengan menggosok rambut menggunakan handuk, rambut akan cepat kering, akan tetapi cara yang satu ini justru bisa cepat merusak rambut Anda. Dalam keadaan basah, rambut Anda sangat rentan terhadap kerusakan. Sementara itu, handuk memiliki tekstur juga permukaan yang sangatlah kasar, yang jika di gosok dengan kasar akan cepat merusak rambut Anda.

  1. Menggunakan scrub setiap hari

Penggunaan scrub juga di yakinin mampu membantu mengikis banyak sel-sel kulit yang sudah mati, sehingga bisa membuat klulit Anda menjadi lebih halus juga sehat. Hal ini memang tidak salah, namun itu bukan berarti Anda harus menggunakannya setiap saat. Dan penggunaan scrub yang terlalu sering justru bisa membuat kulit Anda menjadi kering. Alangklah lebih baik jika Anda menggunakan scrub maksimal dua (2) kali dalam satu minggu.

  1. Bercukur sebelum mandi

Untuk saat ini, ternyata bukan Cuma kaum pria yang sering mencukur janggut, ternyata wanita juga kerap mencukur rambut kakinya ketika mereka mandi. Nah, jika Anda terbiasa melakukan hal ini sebelum mandi, maka sebaiknya Anda ganti kebiasaan tersebut. Waktu yang tepat untuk bercukur yaitu setelah Anda mandi, mengapa? Karena air mampu melembutkan rambut serta bisa membuka folikel kulit Anda, sehingga hal ini akan mempermudah Anda dalam bercukur serta menghindari terjadinya iritas.

  1. Tidak membersihkan spons mandi

Tidak jarang orang-orang yang menggunakan spons ketika mereka tengan mandi, dengan tujuan untuk membersihkan kulit dari sel-sel kulit mati. Namun sayangnya, spon yang di gunakan ini justru sangat jarang di bersihkan. Dan tentunya hal ini tidak pantas untuk di tiru dan tidak higienis dikarenakan bisa menjadi tempat untuk berkembangnya bakteri juga virus. Sebaiknya Anda mencuci spons mandi dengan menggunakan air panas setiap setelah 3-4 kali spons tersebut di gunakan.

Related Posts

Share This