6 Kesalahan Mengejan Saat Melahirkan yang Harus Anda Ketahui

Mengejan saat melahirkan. Perlu Anda ketahui, bahwa peranan yang paling besar dari proses persalinan normal yaitu ada pada ibu dengan faktor power ketika proses mengejan saat melahirkan yang harus di lakukan dengan cara yang benar, baik dari segi kekuatan atau bahkan pola pernapasan, dan itu harus benar-benar di perhatikan.

Ketika seorang ibu akan melangsungkan proses persalinan, maka setidaknya Anda ia harus mengetahui cara mengejan saat melahirkan yang baik. Jangan sampai Anda salah mengejan saat melahirkan.

Di bawah ini ada beberapa kesalahan yang memang kerap di lakukan ketika ibu mengejan saat melahirkan, yaitu sebagai berikut:

  1. Berteriak

Mungkin Anda ingin menyalurkan emosi juga rasa sakit dengan cara berteriak, namun perlu di ketahui bahwa hal ini tidaklah produktif dan akan membuat Anda merasa cepat lelah. Berteriak saat mengejan juga bisa membuat tenggorokan Anda menjadi kering, serak, batuk dan membuat suasan menjadi lebih manik juga tegang, di tambah lagi akan membuat Anda menjadi tidak jelas mendengar intruksi yang diberikan dari dokter. Jika Anda merasakan sakit ketika kontraksi, maka Anda bisa melemaskan otot-otot Anda agar lebih rileks, tariklah nafas dengan panjang dan hembuskan secara perlahan, Anda harus menimpan tenaga Anda untuk mengejan.

  1. Menutup mata

Ketika mata di tutup saat mengejan hanya akan mengakibatkan tekanan pada mata, sehingga bagian pembuluh darah yang ada di bagian selaput bola mata akan pecah. Akibatnya mata akan menjadi merah, walaupun akan sembuh dalam beberapa hari saja. Maka dari itu, ketika Anda mengejan, bukalah mata Anda, dan arahkan pandangan Anda kea rah perut.

  1. Mengangkat pantat atau panggul

Mengangkat pantat atau bahkan panggul saat mengejan hanya akan membuat robekan premium menjadi lebih lebar, sehingga membutuhkan lebih banyak jahitan di sekitar area jalan lahir. Anda dianjurkan untuk melemaskan panggul ketika Anda mengejan saat melahirkan.

  1. Bernapas serabutan

Dengan bernapas serabutan tidak akan memberikan manfaat yang baik dalam proses mengejan saat melahirkan. Anda bisa menarik napas yang benar, dan itu justru bisa mengurangi rasa sakit bahkan bisa menjadi sumber tenaga untuk Anda mengejan.

  1. Mengejan sebelum di perintah dokter

Jangan sampai Anda mengejan sebelum Anda mendapatkan perintah dari dokter, sehingga pola mengejan Anda tidak teratur, bahkan tenaga Anda akan terbuang dengan sangat percuma serta jalan lahir yang akan membengkak karena ketika Anda mengejan terdapat cairan yang keluar dari jalan lahir.

  1. Menahan mengejan

Ada beberapa diantaranya ibu hamil yang akan melahirkan menahan untuk mengejan karena mereka khawatir fase atau kotoran ikut keluar dari anus. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi, maka Anda bisa mengosongkan usus Anda 24 jam sebelum proses persalinan berlangsung, baik secara alamiah atau bahkan secara anema.

Nah, itulah beberapa kesalahan dalam mengejan saat melahirkan. Agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, maka setidaknya Anda harus mengetahui cara mengejan yang benar saat melahirkan. Semoga artikel yang kamiposting kali ini bisa sangat bermanfaat bagi Anda semua, terutama bagi ibu hamil yang akan melangsungkan proses persalinan.

Related Posts

Share This