6 Jenis Sayur Untuk Bayi Yang Perlu Anda Perkenalkan

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang perlu Anda perkenalkan pada bayi. Setelah mendapatkan MPASI, bayi sebaiknya diperkenalkan dengan sayuran terlebih dahulu bila dibandingkan dengan buah-buahan. Manfaat sayur untuk bayi yaitu melengkapi kebutuhan vitamin dan mineral dalam menunjang tumbuh kembangnya.

Menanamkan kebiasaan dalam memberikan sayuran untuk bayi sejak dini akan menjadi kebiasaan setelah dewasa. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi untuk anak tidak perlu dikhawatirkan. Nah, lalu apa saja jenis sayuran yang perlu diperkenalkan pada bayi dalam tahap MPASI? Berikut ini ada 6 jenis sayuran yang perlu diperkenalkan pada bayi.

  1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran yang baik untuk bayi yaitu brokoli. Pakar kesehatan menganjurkan untuk menambahkan sayuran ini dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI) setelah bayi berusia 7 bulan keatas. Brokoli memiliki tekstur sedikit keras sehingga Anda harus mengolahnya terlebih dahulu sebelum diberikan pada bayi. Brokoli bisa Anda olah menjadi puree. Langkah pembuatannya sangat mudah yaitu dengan mengukus brokoli hingga lunak kemudian blender sampai halus dan saring menggunakan saringan kawat.

Kandungan asam folat pada brokoli berperan penting dalam menunjang kesehatan sistem saraf sehingga mencegah cacat pada bayi. Selain itu, kandungan kalsium berguna untuk menjaga kesehatan dan tulang pada bayi.

  1. Bayam

Bayam mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, kalsium, posfor dan folat. Bayam sangat dianjurkan untuk bayi dalam menunjang tumbuh kembangnya. Kandungan zat besi berguna untuk menunjang pembentukan sel darah merah sehingga membantu mengoptimalkan perkembangan si kecil. Vitamin C berperan penting sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem imun.

  1. Tomat

Likopen dan vitamin C pada tomat berfungsi sebagai antioksidan yang menujang kesehatan si kecil. Zat antioksidan sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas. Tomat sangat bagus untuk bayi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

  1. Wortel

Sayurang berwarna orange ini perlub Anda perkenalkan pada bayi. Kandungan beta karoten pada wortel akan diubah menjadi vitamin A dalam proses metabolisme. Manfaatnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem imun.

  1. Labu siam

Tambahkan labu siam dalam MPASI. Kandungan posfor dan kalsium di dalam labu siam berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi. Selain itu, labu siam memiliki kandungan serat dan air cukup tinggi sehingga berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan si kecil.

  1. Seledri

Sayuran yang biasa dijadikan sebagai pelengkap ini ternyata sangat bagus untuk bayi. Anda bisa menambahkan seledri ke dalam bubur atau tim bayi. Kandungan posfor dan kalsium dalam seledri cukup tinggi. Manfaatnya untuk menjaga kesehatan tulang, menunjang pembentukan otot dan mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil.

Nah, demikian 6 jenis sayuran yang perlu Anda perkenalkan pada bayi. Perkenalkan sayuran secara bertahap pada bayi. Hal ini bertujuan supaya si kecil mengenal citarasa dari sayuran tersebut sehingga akan terbiasa.

Related Posts

Share This