6 Jenis Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil yang Aman

Obat sakit gigi untuk ibu hamil. Sakit gigi yang menyerang selama masa kehamilan memang sangat mengganggu, dan sakit gigi ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti rusaknya gigi, gigi yang sensitive, karang gigi dan masih banyak lagi. Berbagai macam jenis obat pereda sakit gigi memang banyak beredar di pasaran, namun bagi ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi jenis obat ini.

Ingat, penggunaan obat untuk sakit gigi pada ibu hamil memang sangat tidak dianjurkan, terutama obat yang dibeli di apotek tanpa menggunakan resep dari dokter. Hal ini karena bisa membahayakan kesehatan ibu serta janin yang ada di dalam kandungan.

Lantas, bagaimana jika ibu hamil mengalami sakit gigi? Daripada harus mengkonsumsi obat-obatan yang belum jelas efeknya, maka sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi obat sakit gigi ibu hamil yang terbuat dari bahan-bahan yang alami yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu sebagai berikut:

  1. Bawang putih

Bawang putih ternyata efektif untuk menyembuhkan sakit gigi pada ibu hamil. Anda cukup mengalbil 1 siung bawang putih, kupas bagian kulitnya setelah itu taburi dengan seikit garam, dan setelah itu kunyah pada bagian gigi yang dirasa sakit.

  1. Air garam

Anda juga bisa menggunakan larutan garam atau air garam untuk membantu mengatasi sakit gigi semasa kehamilan. Gunakan air garam hangat ini untuk berkumur.

  1. Daun sirih

Selain garam dan bawang putih, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengatasi sakit gigi. Cicilah daun sirih secukupnya, setelah itu kunyahkan pada bagian gigi yang dirasa sakit, setelah itu berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

  1. Jeruk nipis

Air jeruk juga memiliki manfaat yang sama dalam menyembuhkan sakit gigi pada ibu hamil. Anda cukup menyediakan 1 buah jeruk nipis, setelah itu peras dan ambillah bagian air jeruk tersbeut, campurkan dengan menggunakan air secukupnya dan gunakan campuran iar tersebut untuk berkumur.

  1. Minyak cengkeh

Minyak ini juga bermanfaat untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil dan aman jika di gunakan. Anda cukup mengambil kapas yang steril, setelah itu teteskan minyak cengkeh sebanyak 2-3 tetes saja, setelah itu oleskan pada bagian gigi yang di rasa sakit.

  1. Minyak angin/balsam

Ambillah kapas, dan setelah itu berikan minyak angina atau bahkan balsam, gigitlah bagian kapas tersebut di bagian gigi yang sakit, jika keluar air liur, maka buanglah dan jangan menelannya kembali, karena obat ini tidak untuk di telan.

Nah, itulah beberapa jenis obat sakit gigi yang bisa di gunakan oleh ibu hamil. Bukan hanya alami, namun cara penyembuhan ini juga tidak akan memberikan efek yang buruk terhadap kesehatan ibu juga janin dalam kandungan.

Related Posts

Share This