6 Jenis Obat Keracunan Makanan Alami yang Paling Ampuh

Obat keracunan makanan. Makanan adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Manusia membutuhkan asupan makanan untuk menunjang kinerja tubuh supaya berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Makanan yang bergizi menjadi poin penting yang harus dipenuhi setiap hari. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan gangguan kesehatan ringan hingga berat. Selain bergizi, yang harus diperhatikan dalam memilih makanan yaitu faktor higienitas. Jika makanan telah terkontaminasi bakteri maka beresiko menyebabkan alergi hingga keracunan.

Keracunan makanan pada awalnya menyebabkan gejala mual, muntah, pusing bahkan tak sadarkan diri. Pada kondisi yang lebih parah, keracunan bisa membahayakan keselamatan jiwa. Pada dasarnya dalam mengatasi keracunan bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengkonsumsi air putih dan susu. Air putih bisa mambantu menetralkan sekaligus mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Berikut Jenis Obat Tradisional Paling Mujarab Untuk Mengatasi Keracunan Makanan

1. Gula Palem

Nah, salah satu obat tradisional untuk mengatasi keracunan makanan yaitu gula palem. Ternyata gula palem bisa mengatasi infeksi yang akibat keracunan makanan. Bahkan gula palem berguna untuk menyediakan banyak energi yang hilang akibat gejala keracunan.

2. Wedang Jahe

Bukan menjadi rahasia lagi jika jahe memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Kandungan antibiotik alami pada jahe berguna untuk menjaga kesehatan dan membantu menetralkan racun akibat makanan. Untuk menggunakannya sangat mudah yaitu dengan menghancurkan beberapa rimpang jahe dan menyeduhnya dengan air hangat. Supaya rasanya lebih enak tambahkan madu atau gula.

3. Peppermint

Daun peppermint bisa dimanfaatkan untuk mengatasi keracunan akibat makanan. Untuk menggunakannya Anda bisa mencampurkan daun tersebut kedalam jus ataupun teh. Bahkan bisa secara langsung Anda konsumsi sebab rasanya menyegarkan.

4. Cuka Apel

Cuka apel ampuh untuk mengatasi masalah seputar masalah pencernaan seperti infeksi akibat keracunan makanan. Seduh cuka apel dengan air hangat dan segera minum. Keluhan akibat keracunan makanan bisa mereda dengan seketika.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya ternyata tidak hanya bisa digunakan untuk merawat rambut. Tanaman yang satu ini bisa Anda gunakan dalam mengatasi gejala keracunan. Kandungan vitamin E bisa membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Penggunaanya yaitu dengan cara diolah menjadi jus.

6. Kemangi

Lalapan yang satu ini ampuh untuk membantu mengatasi infeksi pada pencernaan akibat keracunan makanan. Obat tradisional yang satu ini bisa Anda konsumsi langsung. Kandungan zat antibakteri pada kemangi mampu melawan bakteri penyebab keracunan.

Nah, demikian beberapa jenis obat tradisional untuk mengatasi keracunan. Untuk menghindari keracunan, perhatikan kehigienisan makanan dan hindari membeli makana ditempat yang tidak terjamin higienitas serta keamanannya. Selalu hati-hati dan teliti. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This