6 Jenis Makanan Sehat Balita

Pada dasarnya tidak ada kategori makanan paling baik untuk balita. Dalam hal ini yang terpenting adalah kandungan nutrisi dari makanan tersebut. Makanan untuk si kecil harus disesuaikan dengan tingkatan usianya. Hal ini karena kebutuhan nutrisi di setiap tahap tumbuh kembangnya tidak sama. Lalu apa saja makanan sehat balita?

Makanan yang tergolong kategori sehat untuk balita hendaknya mengandung nutrisi yang dibutuhkan di setiap tahap pertumbuhannya. Perlu Anda ketahui bahwa anak-anak membutuhkan asupan nutrisi dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan orang dewasa. Maka dari itu, kelengkapan nutrisi anak hendaknya menjadi perhatian penting sehingga tumbuh kembangnya tidak akan mengalami gangguan.

Berikut Makanan Sehat Balita Sesuai Tahapan Usianya

  1. Air Susu Ibu (ASI)

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber makanan terbaik untuk bayi yang baru lahir hingga usia 2 tahun. ASI secara ekslusif diberikan selama 6 bulan pertama sejak bayi lahir. Tidak ada jenis makanan lain yang bisa menggantikan kelengkapan nutrisi yang terdapat pada ASI. Maka dari itu susui bayi secara ekslusif selama 6 bulan dan lanjutkan hingga 2 tahun sambil diberikan makanan pendamping ASI.

  1. Alpukat

Buah alpukat kaya akan kandungan nutrisi yaitu salah satunya lemak tak jenuh tunggal yang berguna untuk kesehatan dan kecerdasan anak. Alpukat sudah mulai bisa diperkenalkan pada bayi menginjak usia 6 bulan sebagai makanan pendamping ASI. Dalam penyajiannya, Anda bisa mengkombinasikan alpukat dengan ASI.

  1. Ubi Jalar

Tekturnya yang lembut menjadikan ubi jalar sangat cocok diberikan sebagai makanan pendamping ASI. Selain itu, ubi jalar juga kaya akan kandungan nutrisi seperti betakaroten. Seperti yang kita ketahui bahwa betakaroten merupakan salah satu zat antioksidan yang akan diubah menjadi vitamin A setelah masuk kedalam tubuh. Manfaatnya yaitu untuk menjaga kesehatan mata, meningkatkan imun tubuh dan membantu tumbuh kembang si kecil.

  1. Buah Bit

Buah bit memiliki rasa manis dan lezat. Selain itu, buah bit juga kaya akan kandungan nutrisi seperti potassium, folat dan juga betakaroten. Buah bit bisa disajikan pada balita dengan cara dikukus terlebih dahulu supaya teksturnya lembut dan udah ditelan.

  1. Daging

Dalam emlengkapi kebutuhan protein hewani, daging bisa menjadi salah satu makanan sehat yang bisa Anda berikan untuk si kecil. Daging juga mengandung zinc, protein, zat besi, vitamin B6, riboflavin dan niasin. Daging bisa mulai diperkenalkan pada anak usia diatas satu tahun dengan cara dicampurkan kedalam nasi tim saring.

Itulah beberapa jenis makanan sehat untuk menunjang tumbuh kembang anak di setiap tahapnya. Perhatikan faktor kebersihan dan proses pengolahan sehingga makanan yang Anda sajikan akan bermanfaat untuk perkembangan si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517