6 Jenis Makanan Pemicu Alergi Pada Bayi

Penting untuk bunda ketahui, bahwa alergi pada bayi bisa saja di timbulkan oleh berbagai jenis makanan yang di konsumsinya. Lantas, bagaimana untuk mendeteksi masalah ini? Menurut Ketua UKK Alergi Imunologi, FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo, Dr. Zakiudin Munasir, Sp.A(K), menyebutkan bahwa ada sekitar 20% anak yang berusia 1 tahun pernah mengalami yang namanya alergi terhadap berbagai jenis makanan.

makanan bayi

Jika demikian, makanan bayi seperti apa yang memang bisa memicu reaksi alergi terhadap tubuh si kecil? Untuk ulasan yang lebih jelas dan terperinci, yuk simak ulasan mengenai alergi pada bayi di bawah ini:

  1. Susu sapi

Untuk bayi sendiri, susu sapi atau susu formula merupakan satu protein yang asing untuk dirinya. Oleh karena itu, sebaiknya susu formula ii diberikan kepada bayi yang telah berusia lebih dari satu tahun. Dan susu sapi atau susu formula ini bisa menimbulkan reaksi alergi yang utama pada tubuh si kecil, dan biasanya gejala yang timbul itu seperti diare dan muntah-muntah.

Protein yang terkandung di dalam susu sapi ini bisa menyebabkan alergi yang menetap, sampai suai anak-anak si kecil mulai berakhir. Untuk anak yang memang memiliki alergi terhadap berbagai jenis olahan susu sapi, tbiasanya tidak selalu alergi terhadap daging sapi.

  1. Telur ayam

Anak yang memiliki alergi terhadap telur ayam belum tentu ia juga alergi terhadap daging ayam. Hal ini hanya bisa timbul ketika si kecil di berikan vaksin yang memang di tanamkan terhadap kuning telur, seperti vaksin campak dan sebagainya.

Baca juga : Makanan Pemicu Gejala Alergi Pada Bayi

  1. Ikan

Untuk jenis alergi yang kuat biasanya timbul dari makanan atau ikan laut. Biasanya bentuk alergi yang muncul dari jenis makanan ini yaitu asam. Hanya dengan mencium bau ikan yang tengah di masak, anak yang sangat sensitif terhadap hal ini biasanya akan langsung mengalami sesak napas atau bahkan bersin-bersin. Dan makanan laut yang kerap memicu timbulnya alergi yaitu udang kecil, udang besar atau lobster, serta kepiting.

  1. Kacang-kacangan

Walaupun sifatnya ringan, namun jenis kacang seperti kacang tanah, kacang mede dan beberapa jenis kacang lainnya mampu memicu reaksi alergi terhadap anak. Gejala yang di timbulkan biasanya berupa gatal-gatal si daerah tenggorokan.

  1. Sayur dan buah-buahan

Sayur dan buah ternyata tidak selalu baik untuk kesehatan si kecil, karena pada kenyataannya buah dan sayur juga bisa menimbulkan alergi terhadap anak. Sifat alergi ini akan hilang dengan sendirinya jika di masak selama 2 menit atau bahkan di simpan di dalam freezer selama 2 minggu. Alergi terhadap buah dan sayur biasanya hanya di alami oleh anak-anak yang menderita alergi terhadap serbuh bunga.

  1. Gandum

Gandum dalam bentuk tepung juga bisa menyebabkan reaksi alergi terhadap anak. Namun gandum ini tidak akan selalu menimbulkan alergi, hal ini dikarenakan gandum akan dicerna oleh enzim pencerna yang ada di dalam lambung si kecil.

Itulah beberapa jenis makanan yang kerap memicu timbulnya alergi terhadap si kecil. Oleh karena itu, bunda harus lebih waspada lagi dalam memberikan asupan makanan terhadap si kecil, perhatikan jenis-jenis makanan yang memang dapat memicu alergi terhadap tubuh si kecil.

Related Posts

Share This