6 Jenis Mainan Bayi 6 Bulan yang Menstimulasi Perkembangannya

Mainan bayi 6 bulan, merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan dengan sangat baik. Karena mainan yang Anda pilih untuk si kecil juga bisa membantu pertumbuhan juga perkembangannya. Maka dari itu, Anda harus memilih dan memberikan mainan yang cocok dengan usia si kecil.

Pilihlah mainan untuk bayi 6 bulan yang bukan hanya sekedar memiliki manfaat, namun juga aman ketika mainan tersebut dimainkan. Bukan hanya jenis dan bentuk mainan, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan bahan yang digunakan untuk mainan tersebut.

Dan berikut ini ada beberapa jenis mainan bayi 6 bulan ketasa yang bisa menjadi pilihan Anda untuk mainan bayi, yaitu sebagai berikut:

  1. Rattle

Umumnya mainan ini terbuat dari bahan dasar plastic, kain atau bahkan karet yang sangat lembut yang memang bisa merangsang pertumbuhan gigi si kecil. Demi keamanan dan kesehatan si kecil, maka sebaiknya Anda memilih jenis mainan ini yang terbuat dari karet yang lembut.

Bukan hanya itu, jenis mainan ini juga umumnya memiliki bunyi yang memang bisa menarik perhatian si kecil. Bahkan untuk bentuknya juga sangat bervariasi, pilihlah bentuk mainan ini yang memang mudah untuk di genggam oleh si kecil, sehingga bisa merangsang si kecil dalam mendengarkan juga menggerakkan benda yang digenggamnya.

  1. Putar Musik

Banyak diantaranya mainan yang memang bisa menghasilkan musik yang indah. Misalkan boneka yang jika dipegang atau bahkan di tekan bisa mengeluarkan bunyi atau musik. Mainan ini sangat cocok untuk merangsang pendengaran juga rasa ingin tahu si kecil.

  1. Cermin Bayi

Ingat bunda, di usia 6 bulan, rasa ingin tahu si kecil mulai tumbuh, sama halnya dengan ketertarikan dirinya terhadap cermin. Maka dari itu, Anda bisa memilih mainan cermin bayi yang terbuat dari bahan dasar plastic, yang memang tidak akan membahayakan keselamatannya.

Sesekali, Anda bisa mengajaknya bermain di depan cermin, dan setelah itu Anda bisa mengenalkan kepadanya beberapa bagian organ tubuh.

  1. Boneka Tangan

Merupakan hal yang menyenangkan ketika Anda mulai mengajak si kecil untuk berinteraksi. Dan ketika itu, mungkin Anda bisa menggunakan bantuan boneka tangan dengan beberapa karakter kartun atau bahkan binatang yang bisa menarik perhatian si kecil.

Mengajak si kecil untuk merespon ucapan Anda pastinya bisa membantu merangsang dalam berkomunikasi, bukan hanya itu, boneka tangan juga bisa Anda jadikan sebagai alat untuk menarik perhatian si kecil.

  1. Mainan Lampu

Anda juga bisa memperkenalkan lampu melalui senter yang memang bisa mengeluarkan berbagai macam warna yang cantik, hal ini bertujuan untuk mengetahui respon yang diberikan si kecil terhadap cahaya juga warna dalam meningkatkan kemampuan visualnya.

  1. Alat Musik

Anda bisa memilih beberapa alat musik mainan , misalkan seperti drum atau bahkan piano untuk merangsang gerakan motorik halus si kecil. Karena dengan belajar memukul atau bahkan menekan benda yang dapat menghasilkan suara, maka si kecil mampu untuk mengenal bunyi.

Related Posts

Share This