6 Jenis Daftar Makanan Mengandung Lemak Baik

Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa makanan mengandung lemak berbahaya bagi tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa lemak dikelompokan kedalam dua kategori yaitu lemak baik dan lemak jahat. Lemak tidak selamanya berbahaya bagi tubuh. Justru lemak juga dibutuhkan oleh tubuh berupaka lemak baik atau lemak tak jenuh.

Lemak tak jenh atau lemak baik harus Anda penuhi guna mencukupi kebutuhan lemak tubuh. Lemak baik bisa Anda peroleh dari jenis makanan sehat seperti kelompok buah-buahan, ikan maupun daging. Disamping itu, lemak baik juga bisa diperoleh dari jenis kacang-kacangan. Berikut Ini beberapa contoh lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh.

1. Buah Alpukat

Citarasa daging buah alpukat memang sangat lezat dan lembut. Buah alpukat memiliki manfaat yang luar bisa untuk kesehatan jantung dan juga persendian. Hal ini karena buah alpukat mengandung lemak baik yang berguna untuk kesehatan.

2. Ikan

Jenis ikan yang mengandung lemak baik berupa omega-3 seperti salmon, tuna maupun sarden sangat berguna untuk kesehatan. Lemak baik omega-3 berguna untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsilah ikan salmon dengan pengolahan yang benar yaitu dikukus, dipanggang ataupun direbus. Hindari menggoreng ikan salmon karena bisa merusak kandungan nutrisinya terutama lemak baik.

3. Sayuran Hijau

Semua jenis sayuran hijau memang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jenis sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung memiliki kandungan lemak baik berupa omega-3. Konsumsilah jenis makanan tersebut untuk memperoleh manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

4. Minyak Zaitun

Kandungan lemak baik pada minyak zaitun sangat berguna untuk kesehatan danmencegah penyakit jantung. Selain itu, lemak baik tersebut akan menjaga berat badan ideal Anda. Gunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan.

5. Kacang-kacangan

Jenis kacang almond, kenari, hazelnut dan kacang kedelai memiliki kandungan lemak baik yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi meskipun demikian sebaiknya Anda membatasi konsumsi makanan tersebut an jangan berlebihan sebab kemungkinan beresiko terhadap kegemukan.

6. Telur

Telur merupakan sumber protein dan lemak baik. Bahkan telur diperkaya dengan kandungan omega-3 yang berguna untuk kesehatan. Batasi konsumsi telur cukup satu butir setiap hari untuk kesehatan Anda.

Nah, itulah jenis makanan yang mengandung lemak baik. Lemak tidak selalu identik dengan bahayanya karena jenis lemak bermacam-macam. Yang perlu Anda hindari adalah jenis lemakn jahat atau lemak jenuh dan lemak trans.

Untuk menjaga kesehatan tubuh supaya terhindar dari resiko lemak jahat maka sebaiknya damping dengan kegiatan olahraga. Lemak jahat bisa dikeluarkan secara perlahan jika melakukan oleharag rutin. Disamping itu, perbanyak juga asupan air putih untuk menetrasilir lemak jahat yang tidak disadari masuk kedalam tubuh melalui makanan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This