6 Hal Yang Menyebabkan Kuantitas ASI Menurun

ASI merupakan sumber makanan utama bagi bayi. Pemberian ASI yang optimal tentunya harus dilakukan secara ekslusif selama 6 bulan. Pemberian makanan pendamping ASI baru bisa dilakukan setelah bayi menginjak usia 6 bulan dan ASI masih tetap dilanjutkan sampai bayi berusia 2 tahun. Dalam hal ini ASI masih menjadi makanan utama bagi bayi dan tidak bisa digantikan oleh sumber makanan lain. Makanan padat hanya sebagai pendamping dalam upaya melengkapi kebutuhan nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang bayi.

Kuantitas ASI Menurun

ASI sangat penting untuk perkembangan bayi dan menjaga kesehatan tubuhnya. ASI memiliki zat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Selain itu, ASI juga berguna untuk membantu mengoptimalkan fungsi dan kinerja dari sistem pencernaan bayi. Dengan memberikan ASI secara ekslusif maka bayi tidak akan mudah terkena penyakit, baik itu penyakit ringan ataupun penyakit berat dalam jangka panjang.

Kendala paling umum yang sering dihadapi oleh kebanyakan ibu menyusui yaitu produksi ASI yang terhambat sehingga kuantitas air susu yang dihasilkan menurun. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada awal-awal penyusuan ataupun ditengah-tengah proses menyusui sehingga hal ini sangat membahayakan tumbuh kembang si kecil. Efek jangka pendek yang akan dirasakan oleh bayi yaitu kelaparan. Sedangkan efek jangka panjangnya yaitu mempengaruhi kesehatan dan pertumbuhannya.

Hal Yang Menyebabkan Kuantitas ASI Menurun

  1. Faktor hormonal

Salah satu hal yang mempengaruhi produksi ASI yaitu faktor hormonal. Permasalahan kadar hormon tiroid yang terlalu rendah atau tinggi dan mengakibatkan penyakit seperti hipertensi. Kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi kuantitas ASI setelah melahirkan. Dalam hal ini perlu penanganan yang serius untuk mengembalikan produksi ASI supaya kembali normal.

  1. Memiliki riwayat operasi pada payudara

Wanita yang pernah mengalami operasi pada bagian payudara biasanya mengalami permasalahan yang serius pada waktu menyusui. Namun kondisi ini tidak dialami oleh setiap wanita dan tergantung dengan jarak dan prosedur dari operasi yang dijalani. Apabila kondisi ini terjadi sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

  1. Kurangnya intensitas menyusui

Kondisi payudara yang selalu penuh dan jarang dihisap oleh bayi akan berpengaruh terhadap kuantitas ASI yang dihasilkan. Perlu Anda ketahui bahwa hisapan bayi merupakan salah satu faktor yang memicu keluarnya air susu. Oleh karena itu untuk menjaga produksi ASI supaya tetap lancar sebaiknya Anda menyusui bayi secara rutin dan teratur.

  1. Pengaruh alat kontrasepsi

Faktor lain yang menyebabkan produksi ASI berkurang yaitu penggunaan alat kontrasepsi setelah melahirkan. Salah satu contohnya yaitu penggunaan pil KB. Kandungan bahan kimia yang terdapat di dalam obat tersebut bisa menghambat kinerja hormone sehingga berpengaruh terhadap kuantitas ASI yang akan dihasilkan.

  1. Stress

Untuk menghasilkan ASI yang berkualitas dalam jumlah yang banyak harus didukung oleh kondisi fisik dan psikis yang sehat. Apabila salah satu aspek bermasalah maka akan berdampak terhadap produksi ASI. Contohnya yaitu ketika pikiran stres atau ada tekanan maka akan mengganggu keseimbangan hormon yang berimbas terhadap kuantitas ASI yang dihasilkan. Bagi ibu yang sedang menyusui harus senantiasa menjaga kesehatan fisik dan psikis supaya produksi ASI tetap lancar.

  1. Intensitas menyusui yang tidak teratur

Penyebab selanjutnya yaitu kebiasaan menyusui bayi yang tidak teratur dan tidak terjadwal. Hal ini mungkin terlihat sepele namun akan berdampak terhadap kuantitas ASI yang dihasilkan. Para ahli kesehatan menyarankan supaya melakukan penyusuan secara terjadwal yaitu setiap 2 atau 3 jam sekali. Lakukan penyusuan dengan waktu yang sebentar namun intensitasnya sering. Hal ini akan membantu menjaga produksi ASI karena payudara sering dihisap oleh bayi sehingga hormone yang bertugas memproduksi air susu akan bekerja secara optimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517