6 Gizi Ibu Hamil yang Dibutuhkan Guna Tumbuh Kembang Janin

Gizi ibu hamil memang benar-benar harus terpenuhi dengan baik juga seimbang, hal ini dilakukan agar tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan bisa lebih maksimal. Porsiran nutrisi atau bahkan gizi ibu hamil sama halnya dengan pengaturan gizi terhadap pola makan yang sehat, akan tetapi, ibu hamil harus lebih hati-hati lagi dalam memilih jenis makanan yang akan di konsumsi, jangan sampai makanan tersebut terkontaminasi dengan sejumlah zat yang dapat membahayakan kehamilan.

gizi pada ibu hamil

Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka semakin bertambah pula kebutuhan nutrisi juga gizi untuk ibu hamil, terutama ktika usia kehamilan baru memasuki trimester kedua. Nah, di usia ini, janin akan tumbuh jauh lebih cepat dari trimester pertama, terutama pertumbuhan otaknya beserta susunan saraf. Dan biasanya, kenaikan berat badan yang ideal antara sebelum hamil dan ketika menghampiri proses persalinan yaitu sekitar 12-15 kg.

Guna memaksimalkan tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi sejumlah makanan yang mengandung gizi untuk ibu hamil. Dan di bawah ini ada beberapa gizi pada ibu hamil yang harus terpenuhi, yaitu sebagai berikut:

  1. Kalori

Ibu hamil sangat membutuhkan kalori yang cukup, dan kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil setiap harinya berkisar antara 300-400 kkal. Kalori ini bisa diperoleh oleh ibu hamil dari sejumlah makanan yang berfariasi.

  1. Asam folat

ASam folat juga sangat di butuhkan oleh ibu hamil, karena asam folat ini sangat dibutuhkan guna membangun sejumlah sel juga sistem syaraf. Ketika usia kehamilan masih berada di trimester pertama, maka janin yang ada di dalam kandungan akan membutuhkan 400 mikrigram asam folat setiap harinya. Dan jika asam folat ini tidak terpenuhi dengan baik, maka akan membuat perkembangan janin menjadi tidak sempurna, misalkan janin akan lahir dengan berbagai macam kelainan seperti bibir sumbing atau beberapa kelainan lainnya. Kandungan asam folat ini bisa ibu hamil dapatkan dari berbagai jenis buah-buhan, beras merah bahkan berbagai macam sayuran hijau.

  1. Protein

Protein juga sangat di butuhkan oleh ibu hamil, karena protein ini sangat berfungsi guna sumber kalori juga sejumalh zat pembangun, pembentukan darah juga sel. Perlu di ketahui, bahwa ibu hamil sangat membutuhkan protein sekitar 60 gram di setiap harinya, atau sekitar 10 gram lebih banyak dari kondisi sebelumnya atau kondisi sebelum hamil. Protein ini bisa di peroleh ibu hamil dari mengkonsumsi tempe, tahu, putih telur, kacang-kacangan juga daging.

  1. Kalsium

Kalsium juga berfungsi guna membentuk gigi serta sejumlah tulang janin yang ada di dalam kandungan serta mampu menvegah terjadinya osteoporosis yang terjadi pada ibu hamil.

  1. Zat besi

Zat besi bagi ibu hamil sangat berfungsi guna membentuk sejumlah sel-sel darah merah, bahkan zat besi ini bisa mengurangi resiko terjadinya anemia pada ibu hamil. Dan biasanya, zat besi yang akan dibutuhkan oleh seorang ibu hamil yang ketika usia kehamilannya mencapai 20 minggu yaitu sekitar 30 mg setiap harinya. Zat besi ini bisa ibu hamil dapatkan dari hati, ikan atau bahkan daging.

  1. Vitamin A, C dan D. Vitamin A

Sejumlah vitamin ini sangat berfungsi untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil, membantu imunitas dalam memelihara fungsi mata, membantu pertumbuhan tulang, juga membantu memelihara kulit. Vitamin C ini sangat berguna untuk menyerap zat besi, kesehatan gusi juga kesehatan gigi, bisa melindungi jaringan dari sejumlah organ tubuh dari sejumlah kerusakan.

Related Posts

Share This