6 Faktor Yang Menyebabkan Perut Mudah Lapar

Makanan dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Namun, terkadang nafsu makan tidak terkendali sehingga menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan. Permasalahan lain seperti perut yang mudah lapar setelah menyantap makanan adalah faktor yang mengganggu keseimbangan asupan nutrisi.

Penyebab mudah lapar

Nafsu makan yang meningkat terkadang menyebabkan Anda tidak memiliki kontrol untuk menyantap makanan. Hal ini tentunya sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. Nafsu makan yang tidak teratur bisa menyebabkan obesitas dan gangguan kesehatan lainnya. Kelelahan, asupan nutrisi yang rendah dan pikiran yang stress merupakan faktor yang menyebabkan seseorang mudah lapar setelah beberapa saat makan.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Perut Mudah Merasa Lapar

  • Stress atau tertekan. Orang yang stress cenderung akan lebih mudah lapar sehingga nafsu makan jadi meningkat. Stress akan mengakibatkan detak jantung lebih cepat dan kinerja otot meningkat seolah-olah melakukan aktivitas yang berat. Tubuh akan senantiasa membutuhkan asupan makanan karena tubuh akan kehilangan banyak energi. Nafsu makan tidak akan terkontrol sehingga menyebabkan seseorang melahap banyak makanan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kesehatan tubuh dan beresiko menyebabkan obesitas.
  • Menu sarapan yang tidak tepat. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting. Pada waktu sarapan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini karena makanan yang dikonsumsi pada waktu sarapan akan memberikan efek positif dan negatif terhadap pola makan seharian. Apabila Anda mengkonsumsi makanan yang tidak tepat pada waktu sarapan maka hal tersebut akan memicu perut mudah merasa lapar. Orang yang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi pada waktu sarapan cenderung tidak akan mudah merasa lapar.
  • Waktu istirahat yang kurang. Kurang tidur akan menyebabkan kinerja hormone ghrelin meningkat sehingga mengakibatkan perut akan mudah merasa lapar. Selain itu, kurang tidur akan memicu seseorang kehilangan kontrol dalam menyantap makanan sehingga sangat beresiko menyebabkan obesitas. Oleh karena itu untuk mencegah nafsu makan yang tidak terkendali sebaiknya Anda mencukupi waktu istirahat pada malam hari.
  • Pengaruh mengkonsumsi minuman bersoda. Kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda akan memicu peningkatan nafsu makan. Hal ini karena sebagian minuman bersoda tidak mengandung kalori sehingga otak akan menerima sinyal adanya makanan yang mengandung kalori masuk ke dalam tubuh, akan tetapi pada kenyataannya kalori tersebut tidak ada sehingga hal ini akan memicu nafsu makan meningkat dan perut mudah lapar.
  • Beberapa hari menjelang haid. Pra menstruasi biasanya sebagian wanita akan mengalami nafsu makan yang meningkat dan mudah merasa lapar. Hal ini karena hormone progesterone mengalami peningkatan sehingga berpengaruh terhadap perubahan emosi dan nafsu makan. Kondisi seperti ini biasanya akan menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali bagi wanita.
  • Makan terburu-buru. Faktor penyebab perut mudah lapar yang terakhir yaitu kebiasaan makan terburu-buru. Idealnya mengunyah makanan adalah 27 atau 30 kali sehingga nutrisi dari makanan akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Apabila Anda makan terburu-buru maka sistem pencernaan akan lebih lama dalam menyerap semua nutrisi bahkan sebagian nutrisi tidak akan terserap oleh tubuh.

Related Posts

Share This