6 Efek Samping Penggunaan KB Spiral yang Jarang Tersingkap!

Seiring dengan berkembangnya zaman, maka saat ini juga telah banyak alat kontrasepsi yang terus berkembang. Dimulai dari kondom, pil KB, suntik KB sampai KB spiral. Beberapa alat kontrasepsi tersebut diciptakan guna mencegah terjadinya kehamilan yang memang tidak diinginkan, serta memberikan fasilitas kepada para pasangan yang memang tengah merencanakan untuk membentuk keluarga secara teratur.

Bukan hanya pil KB, namun alat KB lainnya yang juga banyak dipilih dan digunakan yaitu spiral KB. Jenis alat kontrasepsi ini diciptakan guna mencegah jalannya sperma menuju sel telur, sehingga mampu mencegah terjadinya kehamilan yang memang tidak di inginkan.

Walaupun banyak yang menggunakan alat kontrasepsi ini sebagia alat yang digunakan untuk mencegah kehamilan, namun sebenarnya alat ini memiliki efek samping yang berbahaya bagi perempuan. Berikut ini efek samping KB spiral yang sangat jarang sekali tersingkap oleh banyak orang, yang memang harus Anda ketahui juga pahami, yaitu sebagai berikut:

  1. Masalah menstruasi

Salah satu efek samping dari KB spiral yaitu terjadinya gangguan pada masa menstruasi. Karena terkadang, hal yang paling umum terjadi pada sebagian besar wanita yang menggunakan alat KB ini yaitu menstruasi yang tidak teratur yang memang disertai dengan keadaan kram serta sakit perut yang berkepanjangan.

  1. Perforasi

Bukan hanya itu, efek samping juga bisa terjadi pada proses pemasangan alat kontrasepsi ini. Karena pemasangan alat ini bisa berpotensi menyebabkan pendarahan pada jaringan rahim.

  1. Masalah hormonal

Selain itu, KB spiral juga bisa menyebabkan efek samping pada bagian hormonal seperti mual, adanya perubahan suasana hati, skait di bagian kepala, jerawat yang bermunculan, juga nyeri di bagian payudara. Akan tetapi, umumnya gejala ini akan menghilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan pemasangan.

  1. Kista ovarium

Hal yang lebih parah juga bisa di alami pada orang yang menggunakan alat kontrasepsi ini. Yaitu pemasangan KB spiral setelah melahirkan juga bisa menyebabkan kista ovarium. Hal ini umumnya akan terjadi ketika alat ini mempengaruhi hormon progesteron Anda.

  1. Penyakit radang panggul

Pada dasarnya, KB spiral merupakan salah stau benda asing yang dimasukkan kedalam tubuh kita. Oleh karena itu, benda ini pastinya mampu menyebabkan iritasi karena keberadaan tubuh yang akan menolak benda asing tersebut dan bisa menyebabkan penyakit radang panggul.

  1. Kehamilan ektopik

Kehamilan diluar rahim atai disebut juga dengan kehamilan ektopik bisa terjadi karena pemasangan alat kontrasepsi ini. Kehamilan diluar kandungan ini berarti bahwa keadaan janin tidak mampu tumbuh dengan baik sehingga harus di keluarkan.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa pemasangan alat kontrasepsi mampu menimbulkan berbagai macam jenis efek samping yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Oleh karena itu, ketika Anda akan menggunakan alat kontrasepsi, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, dan memilih alat kontrasepsi yang cocok untuk tubuh Anda.

Related Posts

Share This