6 Ciri Umum Balita Yang Tumbuh Sehat

Memiliki balita yang tumbuh sehat dan cerdas merupakan harapan setiap orangtua. Ada kebahagiaan tersendiri ketika melihat balita tumbuh sehat dan normal sesuai dengan usianya. Mengenali setiap tahap perkembangan balita sangat berguna untuk menjaga kesehatannya dan menunjang pertumbuhan yang sehat. Akan tetapi terkadang banyak orangtua yang tidak mengetahui dan mengenali tanda-tanda tersebut.

Tanda-tanda balita yang tumbuh sehat bisa dilihat dari penampilan fisik ataupun mental anak. Sejauh anak bersikap aktif atau lincah dalam bergerak berarti anak dalam keadaan bugar dan sehat. Balita yang sehat dari segi fisik dan psikologis tentunya tidak terlepas dari peran orangtuanya dalam memberikan asupan makanan yang bergizi. Nah, daripada Anda penasaran mengenai tanda-tanda anak yang sehat, berikut ini penulis akan memberikan ulasan tentang ciri balita yang tumbuh sehat.

Ciri Balita Tumbuh Sehat

  • Anak terlihat lincah dan aktif

Balita yang tumbuh sehat terlihat lebih aktif dan lincah dalam bergerak. Anak akan cenderung terlihat ceria dan bersikap dinamis. Hal ini karena ditunjang oleh otot-otot tubuhnya yang kuat dan lentur sehingga mereka lebih leluasa dalam bergerak. Anda sebagai orangtua harus mewaspadai anak yang terlihat lemas atau jarang bergerak. Bisa jadi mereka kekurangan asupan nutrisi yang menunjang kesehatan tubuhnya. Anak-anak pada masa pertumbuhan membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi utnuk tubuhnya.

  • Terlihat bahagia dan lebih responsif

Nah, tanda selanjutnya yang menjadi indikator sehat atau tidaknya seorang anak yaitu dapat dilihat dari sikap dia ketika diajak berbicara. Balita yang sehat cenderung akan lebih responsif ketika Anda mengajaknya berbicara. Hal itu bisa Anda lihat dari tatapan mata anak ketika berbicara. Selain itu, balita yang tumbuh sehat akan terlihat lebih bahagia dan ceria dalam kesehariannya.

  • Makan lahap

Nafsu makan anak terkadang menurun di setiap tahap perkembangannya. Akan tetapi hal tersebut tidak berlangsung lama. Apabila anak Anda mengalami masalah nafsu makan yang menurun secara terus menerus maka hal ini bisa menjadi salah satu indikator adanya gangguan kesehatan pada anak. Balita yang tumbuh sehat memiliki nafsu makan yang stabil sehingga asupan nutrisi untuk tubuhnya senantiasa terjaga.

  • Tidur lelap

Selain makan lahap, balita yang tumbuh sehat juga memiliki tanda lain yaitu kondisi tidur yang lelap sepanjang malam. Seperti yang kita tahu kalau anak-anak membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk mengoptimalkan pertumbuhannya.

  • Memiliki rambut yang sehat

Rambut yang sehat dan tidak mudah rontok bisa menjadi indikator kesehatan seorang anak. Hal ini menandakan kebutuhan nutrisi untuk anak benar-benar tercukupi. Apabila Anda mendapati kondisi rambut anak yang kusam dan mudah rontok maka bisa jadi kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya kurang.

  • Gigi dan gusi dalam keadaan sehat

Ciri balita sehat yang selanjutnya yaitu memiliki gigi dan gusi yang sehat. Kondisi gusi anak tidak berdarah dan gigi tidak berlubang. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi bayi sebaiknya Anda rutin untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi.

Demikian sebagian dari tanda-tanda balita yang tumbuh sehat. Asupan makanan yang bergizi merupakan salah satu kunci untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain itu, Anda juga harus melakukan pemeriksaan secara rutin untuk menjaga kesehatan anak di setiap tahap perkembangannya. Pemeriksaan kesehatan secara rutin akan meminimalisir gangguan yang bisa menghambat pertumbuhan balita.

Related Posts

Share This