6 Cara Untuk Mengarahkan Bayi Supaya Mengisap Puting Dengan Benar

Pada awal-awal penyusuan biasanya sebagian bayi membutuhkan bantuan untuk mengisap puting. Hal ini karena ototnya masih sangat lemah dan ada juga bayi yang mengalami bingung puting. Kondisi tersebut sering dialami oleh bayi yang kesulitan untuk beradaptasi dalam proses penyusuan secara langsung. Pada kebanyakan kasus, bingung puting dialami oleh bayi yang baru lahir sampai berusia 5 bulan.

menyusui bayi

Bingung puting harus segera diatasi karena apabila dibiarkan maka akan menyebabkan bayi tidak memiliki kemampuan untuk menyusu. Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi perkembangan bayi karena asupan nutrisi yang seharusnya diperoleh dari ASI akan berkurang. Selain itu, produksi ASI juga akan berkurang karena payudara jarang  dihisap.

Berikut Solusi Untuk Mengarahkan Bayi Supaya Mengisap Puting Dengan Benar

Apabila si kecil mengalami bingung puting maka harus segera dicari solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Berikut ada beberapa bantuan yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi pada si kecil pada waktu menyusu.

  1. Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin dengan menggunakan bantal yang di taruh pada bagian belakang punggung untuk bersandar. Gunakan juga bantal pada bagian sikut Anda sebagai penyangga ketika menggendong si kecil. Selain itu, gunakan juga bantal tambahan di pangkuan Anda supaya si kecil merasa lebih nyaman dan lebih mudah untuk mencapai puting.
  2. Peluklah tubuh si kecil sehingga berhadapan dengan Anda dengan menggunakan pelukan ayunan.
  3. Angkatlah payudara Anda menggunakan tangan dengan membentuk huruf U. Ibu jari dan jari yang lainnya berada disekitar atau dibelakang areola. Tekan bagian areola tersebut ke bagian dalam sehingga areola bisa terhisap oleh bayi.
  4. Posisikan kepala bayi sehingga menengadah, kemudian sentuh bagian bibir bayi dengan puting susu. Hal ini bertujuan untuk merangsang si kecil supaya membuka mulutnya dengan lebar. Langkah selanjutnya dekatkan payudara Anda, lalu sentuhkan ke bagian rahang bawah dan lidahnya. Kemudian setelah itu masukan puting susu ke mulutnya. Cara seperti ini bertujuan supaya bayi tidak hanya menghisap puting akan tetapi bagian rahang bawah bayi akan berada di belakang areola sehingga penyusuan akan lebih efisien.
  5. Pastikan bahwa si kecil menghisap areola Anda dengan jarak inci. Selain itu, bibir bayi yang menempel pada payudara harus terlipat ke luar.
  6. Pastikan juga seluruh rahang bayi bergerak saat menghisap puting susu sehingga air susu yang dihisapnya lebih banyak dan optimal.

Apabila si kecil masih menghisap dengan cara yang salah maka lepaskan terlebih dahulu isapan tersebut secara lembut, kemudian jauhkan dari payudara Anda dan lakukan kembali langkah-langkah diatas. Hal ini bertujuan supaya si kecil menyusu dengan cara yang benar sehingga memperoleh air susu yang optimal.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517