6 Cara Tepat Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Apakah si kecil sering mengalami rewel serta menangis seakan ia merasakan ketidaknyamanan dengan kodisi tubuhnya? Dan ia akan semakin rewel ketika keadaan perutnya membuncit, bahkan ketika perutnya diketuk seakan terasa ada sesuatu yang berubah dari kondisi perut bayi yang normal. Hal ini akan terjadi jika terjadi peningkatakan jumlah gas pada saluran pencernaan si kecil, atau lebih dikenal dengan sebutan atau istilah kembung. Namun walaupun seperti itu, bunda tidak usah khawatir, karena kondisi ini biasa terjadi pada si kecil, dan bunda bisa mengatasi perut kembung pada payi dengan cara-cara yang sederhana juga mudah.

Ketika keadaan si kecil seperti itu, maka bunda bisa mencari tahu penyebab perut kembung pada si kecil, dan mencari tahu pula cara mengatasi perut kembung pada bayi baru lahir sampai umur 10 bulan. Karena dalam keadaan normal, pada bagian perut memang memiliki kandungan udara, namun kandungan udara tersebut tidak dalam jumlah yang berlebihan, sehingga kandungan udara yang ada di dalam perut si kecil akan kembali normal dengan sendirinya ketika si kecil telah berhasil buang gas.

mengatasi perut kembung pada bayi

Lantas, bagaimana cara yang tepat mengatasi perut kembung pada bayi? Dan berikut ini ada beberapa cara tepat mengatasi perut kembung pada bayi secara aman yang bisa bunda peraktekkan ketika perut si kecil dalam keadaan kembung, yaitu sebagai berikut:

  1. Menepuk lembut bagian punggung bayi

Bagi bayi yang masih berusia di bahaw 6 bulan, pemberian Air Susu Ibu (ASI) adalah nutrisi utama yang di dapatkan oleh bayi, sehingga bayi akan lebih sering mengkonsumsi susu. Dan ketika bayi tengah mengalami perut kembung, maka bunda di sarankan untuk menepuk bagian punggung bayi dengan cara yang lembut dan pelan, sambil menggendongnya. Dan bunda bisa melakukan cara yang satu ini selama 1-2 menit, sampai bayi berhasil bersendawa.

  1. Menggosok bagian perut bayi
Baca Juga:  Kadar Bilirubin Normal Pada Bayi yang Harus Anda Ketahui

Agar bunda bisa mengatasi perut bayi yang kembung, maka bunda bisa menggosok perut bayi dengan cara yang lebut, bunda bisa menggunakan minyak telon guna memberikan kehangatan pada bagian tubuh si bayi. Dan langkah ini mampu mengatasi perut yang kembung terhadap si kecil.

  1. Memberikan air hangat

Ketika keadaan perut si kecil kembung, maka bunda bisa memberikan sedikit air hangat untuk di minum oleh si kecil. Bukan hanya itu, air hangat juga harus bunda pergunakan untuk mandi si kecil. Dan langkah ini bisa mengurangi rasa kembung pada perut si kecil.

  1. Melakukan latihan untuk bayi anda

Ketika perut si kecil kembung, maka bunda bisa memberikannya latihan bayi. Dan salah satu latihan yang bisa bunda terapkan untuk si kecil yaitu dengan cara memegang kaki si kecil, setelah itu bergeraklah secara perlahan. Cara ini mampu meningkatkan gerakan usus serta mampu mempermudah si kecil untuk membuang gas.

  1. Membiarkan bayi Anda aktif

Bunda bisa membiarkan si kecil untuk terus bermain, dan biarkan si kecil untuk tetap aktif. Karena tubuh yang aktif mampu membantu si kecil untuk lebih cepat mengeluarkan gas yang ada di dalam perutnya.

Itulah beberapa cara yang bisa bunda pergunakan untuk mengatasi perut kembung pada bayi. Semoga artikel yang kami posting kali ini bisa sangat membantu bunda dalam mengatasi perut kembung pada bayi secara aman.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517